Pengembangan Media Audio spectrum analyzer Untuk Pembelajaran Praktik Sistem Audio di Program Studi Pendidikan Teknik Elektronika Universitas Negeri Yogyakarta.

Rahardjo, Beni Juniarto Rahmad and Zakaria, Masduki (2019) Pengembangan Media Audio spectrum analyzer Untuk Pembelajaran Praktik Sistem Audio di Program Studi Pendidikan Teknik Elektronika Universitas Negeri Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (872kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) menghasilkan media pembelajaran spectrum analyzer yang sesuai dengan kebutuhan yang dapat digunakan dalam pembelajaran praktik sistem audio; (2) mengetahui tingkat kualitas media pembelajaran spectrum analyzer dilihat dari penilaian ahli materi dan ahli media sebagai Expert Judgment, serta penilaian mahasiswa sebagai pengguna. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan mengadopsi model pengembangan ADDIE menurut William W. Lee & Diana L. Owens. Langkah – langkah yang dilakukan antara lain: analisis, perancangan, pengembangan dan implementasi, serta evaluasi. Pada langkah pengembangan dan implementasi terdapat kegiatan berupa validasi ahli terhadap produk audio spectrum analyzer. Pada langkah evaluasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan pengguna. Selanjutnya media pembelajaran audio spectrum analyzer diuji cobakan pada pembelajaran yang dilakukan di program studi Pendidikan Teknik Elektronika Universitas Negeri Yogyakarta. Pengambilan data menggunakan angket yang memiliki rentang nilai 1 s.d 4. Perolehan dari rentang nilai angket tersebut dikonversi untuk mengetahui kategori kelayakan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pada pembelajaran praktik sistem audio membutuhkan media belajar yang digunakan dalam pembelajaran praktik sistem audio berupa: media pembelajaran berupa perangkat lunak Audio spectrum analyzer, perangkat keras yang terdiri dari external soundcard, mikrofon Real Time Analyzer (RTA) dan loudspeaker, dan jobsheet serta buku panduan untuk digunakan dalam pembelajaran praktik sistem audio; (2) Hasil penelitian menunjukkan nilai kualitas media pembelajaran audio spectrum analyzer secara umum memperoleh 3,42 yang diinterpretasikan dalam kategori sangat baik. Karena media pembelajaran audio spectrum analyzer memperoleh nilai kelayakan sangat baik maka media ini dapat digunakan dalam pembelajaran dikelas.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, media pembelajaran , audio spectrum analyzer.
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Informatika
Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Feb 2020 03:55
Last Modified: 21 Feb 2020 04:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67634

Actions (login required)

View Item View Item