Pengembangan Perangkat Uji Sertifikasi Kompetensi Pemasangan Instalasi Listrik Bangunan Sederhana untuk Mahasiswa Diploma III Teknik Elektro.

Ramdani, Wulan and Taruno, Djoko Laras Budiyo (2019) Pengembangan Perangkat Uji Sertifikasi Kompetensi Pemasangan Instalasi Listrik Bangunan Sederhana untuk Mahasiswa Diploma III Teknik Elektro. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (996kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, memvalidasi, dan mengukur kelayakan perangkat uji sertifikasi kompetensi yang digunakan untuk dalam proses uji dan sertifikasi kompetensi mahasiswa diploma III Teknik Elektro. Penelitian ini dilakukan dengan model pengembangan Mckeny dan Revves, secara umum terdiri dari tiga tahapan, yaitu analisis, desain, dan evaluasi. Subyek penelitian melibatkan 32 (tiga puluh dua) mahasiswa program diploma III Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui angket telaah soal oleh ahli materi, angket ahli produk, dan angket mahasiswa. Validasi dilakukan dengan rumus Aiken’s-V, sedangkan reliabilitas instrumen menggunakan Alpha Cronbach. Koefisien validitas angket diperoleh 0.6 sampai 0.8, sedangkat koefisien reliabilitas diperoleh hasil 0.926. Hasil ini menunjukan bahwa perangkat uji kompetensi yang dikembangkan bersifat valid dan reliabel. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bentuk perangkat terdiri atas uji tulis, uji kinerja, dan uji wawancara, penilaian aspek validitas perangkat uji termasuk kategori “Sangat Valid”, penilaian aspek efektivitas perangkat uji termasuk kategori “Sangat Efektif”, penilaian aspek kepraktisan perangkat uji termasuk dalam kategori “Sangat Praktis”, penilaian aspek validitas, efektivitas, dan kepraktisan didasarkan hasil penilaian ahli produk dan mahasiswa, kelayakan perangkat uji menurut ahli produk termasuk kategori “Sangat Layak”, dan kelayakan perangkat uji menurut mahasiswa termasuk kategori “Layak”.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat uji sertifikasi kompetensi, educational design research
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Feb 2020 03:14
Last Modified: 21 Feb 2020 03:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67628

Actions (login required)

View Item View Item