PENGEMBANGAN TEKNIK GERAK DASAR AEROBIC GYMNASTICS RANGKAIAN INDIVIDUAL WOMEN BERBASIS AUDIOVISUAL UNTUK ANAK USIA 7-8 TAHUN

Arwani, Sindy Nur Laila Aziiz (2021) PENGEMBANGAN TEKNIK GERAK DASAR AEROBIC GYMNASTICS RANGKAIAN INDIVIDUAL WOMEN BERBASIS AUDIOVISUAL UNTUK ANAK USIA 7-8 TAHUN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_sindy nur laila aziiz arwani_17602244015.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan sebuah produk berupa teknik gerak dasar aerobic gymnastics rangkaian individual women berbasis audiovisual yang bisa digunakan sebagai metode pembelajaran baru dalam teknik gerak dasar pada cabang olahraga aerobic gymnastics untuk anak-usia 7-8 tahun. Metode penelitian yang digunakan berupa Research and Development. Langkah penelitian ini mengadaptasi dari langkah penelitian Borg and Gall yang terdiri dari 10 langkah penelitian, namun peneliti memodifikasi dengan hanya melakukan 6 langkah sesuai dengan tujuan penelitian pengembangan ini. Uji coba kelompok terbatas dilakukan sebanyak 5 anak siswi sekolah dasar, sedangkan uji coba lapangan utama dilakukan sebanyak 20 anak siswi sekolah dasar SD N Gentan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket skala penilaian dan lembar evaluasi. Data hasil evaluasi berbentuk kuantitatif dan kualitatif. Data yang bersifat kuantitatif berupa penilaian yang dihimpun melalui angket atau kuesioner uji coba produk. Data yang bersifat kualitatif diperoleh melalui kegiatan validasi ahli dan kegiatan uji coba yang berupa masukan, tanggapan serta kritik dan saran. Data kuantitatif dianalisis dengan analisis kuantitatif. Hasil penilaian yang diperoleh melalui validasi ahli dan uji coba diolah dengan cara dipersentasekan. Hasil persentase kemudian dijabarkan dengan kalimat yang bersifat kualitatif. Penilaian kelayakan teknik teknik gerak dasar aerobic gymnastics rangkaian individual women berbasis audiovisual untuk anak usia 7-8 tahun dilihat dari hasil validasi ahli materi pertama tahap II jsebesar 92,85% (sangat baik) dan ahli media pertama tahap II sebesar 77,5% (baik) dan ahli media kedua tahap II sebesar 87,5% (sangat baik). Hasil uji coba lapangan utama didapatkan penilaian 89,375% (sangat baik). Produk berupa media belajar audiovisual untuk mendukung latihan aerobic gymnastics usia 7-8 tahun. Produk tersusun terdiri dari rangkaian gerak dasar dan gerak perbagian (slow motion) yang dilengkapi dengan keterangan.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Ratna Budiarti, M.Or.
Uncontrolled Keywords: senam
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 18 Jun 2021 07:01
Last Modified: 18 Jun 2021 07:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67599

Actions (login required)

View Item View Item