Koryoga, Rizka Nurjannah Sri (2020) PENERAPAN METODE PEER TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SULAMAN FANTASI KELAS XI TATA BUSANA DI SMK MUHAMMADIYAH BERBAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2. ABSTRAK & ABSTACT.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB I.pdf Download (311kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB II.pdf Download (865kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB III.pdf Download (667kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB IV.pdf Download (761kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB V.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text
9. LAMPIRANNN.pdf Download (15MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menerapkan metode peer teaching pada pembuatan sulaman fantasi kelas XI Tata Busana di SMK Muhammadiyah Berbah Yogyakarta; 2) mengetahui peningkatan hasil belajar pembuatan sulaman fantasi kelas XI Tata Busana di SMK Muhammadiyah Berbah Yogyakarta menggunakan metode peer teaching. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart dan dilakukan sebanyak 2 siklus. Tahapan siklus meliputi: 1) tahap perencanaan, 2) tindakan dan observasi, dan 3) refleksi. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI Tata Busana di SMK Muhammadiyah Berbah Yogyakarta tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 34 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes dan observasi pembelajaran dengan metode peer teaching. Validitas instrumen menggunakan validitas isi dengan pertimbangan dari judgement expert dan hasil instrumen dinyatakan layak untuk penelitian. Sedangkan reliabilitas menggunakan metode antar rater dengan perhitungan procentage of agreement dengan hasil instrumen dinyatakan reliabel dan dapat digunakan untuk penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah: 1) penerapan metode peer teaching dilakukan dengan 3 tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan dan penutup (evaluasi). 2) metode peer teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembuatan sulaman fantasi dengan peningkatan presentase ketuntasan dari pra siklus 11,7% atau 4 siswa menjadi 76,4% atau 26 siswa sedangkan pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 97% atau 33 siswa, 1 siswa belum tuntas atau sebanyak 3%. Hal tersebut membuktikan bahwa metode peer teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Tata Busana di SMK Muhammadiyah Berbah Yogyakarta.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peer teaching, hasil belajar, sulaman fantasi |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 07:36 |
Last Modified: | 12 Feb 2020 07:36 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67513 |
Actions (login required)
View Item |