PENGGUNAAN JOBSHEET UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEMBUATAN POLA BEBE ANAK PADA SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 3 KLATEN

Giri, Puput Puspita (2020) PENGGUNAAN JOBSHEET UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEMBUATAN POLA BEBE ANAK PADA SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 3 KLATEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pembelajaran dengan jobsheet pada pembuatan pola bebe anak secara manual dengan sistem grading siswa kelas XI Tata Busana 3 SMK Negeri 3 Klaten; 2) mengetahui peningkatan kompetensi pembuatan pola bebe anak secara manual dengan sistem grading siswa kelas XI Tata Busana 3 SMK Negeri 3 Klaten setelah digunakannya jobsheet. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan model Kemmis dan Taggart, dengan tahapan 2 siklus. Tahapan siklus meliputi perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas XI Tata Busana 3 berjumlah 33 siswa di SMK Negeri 3 Klaten. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi pembelajaran menggunakan jobsheet, tes kognitif, dan tes unjuk kerja disertai penilaian sikap kerja. Validitas instrumen menggunakan validasi isi dengan pertimbangan judgement expert, hasil menunjukkan instrumen layak digunakan penelitian. Reliabilitas instrumen menggunakan metode antar rater dengan tingkat Procentage of Agreement, hasilnya bahwa instrumen reliabel dan layak digunakan penelitian. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah: 1) pembelajaran menggunakan jobsheet: a) pendahuluan; b) inti 1: pengetahuan (problem based lerning): mengorientasikan masalah, merumuskan masalah, mengumpulkan data, pemecahan masalah, mengomunikasikan; c) inti 2: keterampilan (project based learning): penentuan proyek, perancangan proyek, penyusunan jadwal, penyelesaian proyek, penyampaian hasil; d) penutup: evaluasi hasil kegiatan. 2) Peningkatan presentase kompetensi siswa dari pra siklus 42.4% menjadi 75.8% pada siklus I, dan siklus II meningkat menjadi 96.97%. Membuktikan bahwa penggunaan jobsheet dapat meningkatkan kompetensi pembuatan pola bebe anak secara manual dengan sistem grading pada siswa XI Tata Busana 3 SMK Negeri 3 Klaten.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: jobsheet, kompetensi, pembuatan pola bebe anak
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 12 Feb 2020 07:10
Last Modified: 12 Feb 2020 07:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67505

Actions (login required)

View Item View Item