Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar untuk Menstimulasi Kemampuan Problem Solving Anak Usia 5-6 Tahun.

Dyah, Anung Driyas Maraning and Setiawati, Farida Agus (2019) Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar untuk Menstimulasi Kemampuan Problem Solving Anak Usia 5-6 Tahun. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (787kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) menghasilkan produk berupa buku cerita bergambar yang layak, dan (2) mengetahui efektifitas media buku cerita bergambar untuk menstimulasi kemampuan problem solving anak usia 5-6 tahun. Pengembangan ini dilakukan dengan mengacu pada model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan yang terdiri dari define, design, develop, disseminate. Subjek uji coba awal (initial testing) melibatkan 3 anak dan 1 guru, quantitative testing melibatkan 6 anak dan 2 guru, serta total-package testing melibatkan 15 anak pada kelas kontrol dan 15 anak pada kelas eksperimen, serta 2 orang guru. Pengumpulan data menggunakan lembar angket validasi ahli materi, validasi ahli media, respon guru respon anak, serta lembar observasi penilaian kemampuan problem solving anak. Selanjutnya data dianalisis dengan kuantitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah (1) produk buku cerita bergambar untuk stimulasi kemampuan problem solving anak memenuhi kelayakan oleh ahli materi dan ahli media, guru, serta respon anak pada initial testing, quantitative testing, dan total-package testing. Uji efektivitas pada tahap disseminate pada langkah validation testing bahwa (2) kemampuan problem solving anak meningkat berdasarkan nilai skor gain dari pretest dan posttest. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa produk media buku cerita bergambar telah layak digunakan dan efektif untuk dapat menstimulasi kemampuan problem solving anak.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: buku cerita bergambar, problem solving, anak usia 5-6 tahun
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Feb 2020 01:52
Last Modified: 12 Feb 2020 01:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67486

Actions (login required)

View Item View Item