PENGEMBANGAN APLIKASI KAMUS ISTILAH DESAIN GRAFIS DAN PERIKLANAN SEBAGAI MEDIA BELAJAR SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN MULTIMEDIA SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA

Nugroho, Aditya Nur Riskan (2020) PENGEMBANGAN APLIKASI KAMUS ISTILAH DESAIN GRAFIS DAN PERIKLANAN SEBAGAI MEDIA BELAJAR SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN MULTIMEDIA SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (821kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan tolak ukur untuk mengejar ketertinggalan kualitas sumber daya manusia di Indonesia khususnya dalam bidang pendidikan. Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti melalui wawancara dan pengamatan langsung, beberapa siswa kompetensi keahlian multimedia mengalami kendala dalam memahami materi dari kompetensi keahlian karena banyaknya istilah yang digunakan dalam desain grafis selain itu juga ditemukan multitafsir istilah yang menimbulkan miskomunikasi saat proses belajar. Penelitian ini bertujuan: (1) mengembangkan aplikasi kamus istilah desain grafis dan periklanan sebagai media belajar siswa SMK N 2 Yogyakarta kompetensi keahlian multimedia, (2) mengetahui tingkat kualitas aplikasi kamus istilah desain grafis dan periklanan sebagai media belajar dan tingkat kualitas perangkat lunak standar ISO 25010. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Rational Unified Process (RUP). RUP memiliki 4 tahapan pegembangan meliputi: inception, elaboration, construction, dan transition. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) aplikasi kamus istilah desain grafis dan periklanan yang berfungsi untuk memberikan penjelasan mengenai istilah desain grafis dan periklanan. Hasil produk berupa mobile untuk pengguna dan web untuk admin, (2) Aplikasi telah memenuhi kualitas sebagai media bantu belajar berdasarkan uji media yang telah dilakukan dan mendapat predikat “Sangat Baik” dengan persentase 97%. Aplikasi juga telah teruji menggunakan acuan standar ISO 25010 yang terdiri dari empat aspek meliputi functional suitability, usability, compatibility dan performance efficiency. Secara keseluruhan berdasarkan hasil pengujian mendapat predikat “Sangat Baik” dengan rincian persentase hasil untuk mobile dan web secara berturut-turut adalah sebagai berikut: functional suitability aplikasi Android 100%, web 100%; usability mobile 82%, web 83%; compatibility mobile 100%, 100% (coexistence), web 100%; dan performance efficiency mobile 4,9 (Appachhi score), web 98,5%(PageSpeed GTMetrix) 95,5% (YSlow), Fully loaded time 2,7 detik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kamus, desain grafis dan periklanan, Android, ISO 25010, RUP
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 11 Feb 2020 07:01
Last Modified: 11 Feb 2020 07:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67468

Actions (login required)

View Item View Item