PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUTOMATIC LOADING SYSTEM UNTUK PEMBELAJARAN PLC DI SMK NEGERI 1 PUNDONG

Nugroho, Anggara (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUTOMATIC LOADING SYSTEM UNTUK PEMBELAJARAN PLC DI SMK NEGERI 1 PUNDONG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (697kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran automatic loading system sebagai media pembelajaran PLC di SMK N 1 Pundong, (2) mengetahui tingkat kelayakan automatic loading system sebagai media pembelajaran PLC di SMK N 1 Pundong, (3) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan media automatic loading system. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE menurut Robert Maribe Branch yang terdiri dari Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. Penelitian ini dilakukan di SMK N 1 Pundong dengan subjek penelitian kelas XII Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Tahap pengujian kelayakan dilakukan oleh dua ahli media, dua ahli materi, serta siswa sebagai pengguna. Intrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan tes dengan menggunakan empat pilihan jawaban. Hasil penelitian diketahui bahwa (1) menghasilkan media pembelajaran automatic loading system untuk pembelajaran pemrograman PLC yang dilengkapi dengan jobsheet dan modul. (2) Tingkat kelayakan Automatic Loading Sistem dinyatakan sangat layak sebagai media pembelajaran PLC. Secara keseluruhan nilai rata-rata persentase dari penilaian ahli materi, ahli media dan pengguna adalah 86,60. Rincian penilaian kelayakan yaitu: penilaian oleh ahli materi memperoleh persentase 89,58 dengan kategori sangat layak, penilaian oleh ahli media memperoleh persentase 90,00 dengan kategori sangat layak, dan penilaian oleh siswa memperoleh persentase 80,22 dengan kategori layak. (3) Pembelajaran menggunakan media automatic loading system dapat meningkatkan rata-rata kompetensi kognitif siswa sebesar 6,96. Terdapat perbedaan yang signifikan pada pretest dan posttest berdasarkan hasil uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Nilai t hitung lebih besar di banding nilai t tabel adalah 2,118 (t hitung) dan 2,042 (t tabel)

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran PLC, Pemrograman PLC, trainer PLC, Sistem Kendali PLC
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 07 Feb 2020 03:55
Last Modified: 07 Feb 2020 03:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67432

Actions (login required)

View Item View Item