Pengaruh Penerapan Prinsip-Prinsip Good University Governance Terhadap Pengelolaan Sumber Daya Manusia di Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Azhar, Intan Nisa and Muhyadi, Muyhadi (2019) Pengaruh Penerapan Prinsip-Prinsip Good University Governance Terhadap Pengelolaan Sumber Daya Manusia di Universitas Sebelas Maret Surakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (751kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan prinsip-prinsip good university governance (transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, independensi, dan fairness) terhadap pengelolaan sumber daya manusia di Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif kausal. Populasi penelitian ini adalah seluruh karyawan, dan pendidik Universitas Sebelas Maret Surakarta yang berjumlah 3.467 orang. Sampel sebanyak 359 orang diambil dengan teknik purposive random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Validitas kuesioner diuji berdasarkan construct validity dengan Confirmatory Factor Analysis dan Reliabilitas kuesioner diuji dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Hasil analisis regresi linier sederhana menunjukkan ada pengaruh positif yang signifikan transparansi terhadap pengelolaan sumber daya manusia dengan kontribusi sebesar 15,4%. (2) Ada pengaruh positif yang signifikan akuntabilitas terhadap pengelolaan sumber daya manusia dengan kontribusi sebesar 8,3%. (3) Ada pengaruh positif yang signifikan responsibilitas terhadap pengelolaan sumber daya manusia dengan kontibusi sebesar 13%. (4) Ada pengaruh positif yang signifikan independensi terhadap pengelolaan sumber daya manusia dengan kontribusi sebesar 5,2%. (5) ada pengaruh positif yang signifikan fairness terhadap pengelolaan sumber daya manusia dengan kontribusi sebesar 5,4%. (6) Terdapat pengaruh transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, independensi, dan fairness secara bersama-sama terhadap pengelolaan sumber daya manusia dengan kontribusi sebesar 35,6%, sehingga prinsip-prinsip good university governance berpengaruh positif terhadap efektivitas pengelolaan sumber daya manusia.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Good university governance, transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, independensi, fairness, sumber daya manusia
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Feb 2020 01:40
Last Modified: 04 Feb 2020 01:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67384

Actions (login required)

View Item View Item