PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PEKERJAAN DASAR TEKNIK MESIN PADA SISWA DI SMK N 3 YOGYAKARTA

Pratama, Gede Paris (2019) PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PEKERJAAN DASAR TEKNIK MESIN PADA SISWA DI SMK N 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (847kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan intelektual terhadap prestasi belajar pekerjaan dasar teknik mesin, kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar pekerjaan dasar teknik mesin, kecerdasan Intelektual dan kecerdasan emosinal terhadap prestasi belajar pekerjaan dasar teknik mesin sehingga menjadi bahan pertimbangan dalam melaksanakan proses pembelajaran. Desain penelitian ini termasuk dalam penelitian komparatif. Populasi penelitian ini adalah kelas X Teknik Pemesinan SMK N 3 Yogyakarta. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dari keseluruhan kelas X Teknik Pemesinan dengan jumlah 127 diambil 96 responden. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan melalui kuesioner. Uji validitas menggunakan korelasi Pearson Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha yang menunjukkan seluruh instrument valid dan reliabel. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, dan uji heterokedastisitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1)Kecerdasan Intelektual berpengaruh positif terhadap prestasi belajar pekerjaan dasar teknik mesin, dibuktikan dengan koefisien determinasi 52,5%. (2)Kecerdasan Emosional berpengaruh positif terhadap prestasi belajar pekerjaan dasar teknik mesin, dibuktikan dengan koefisien determinasi 33,8% (3)Kecerdasan Intelektual dan Kecerdasan Emosional secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap prestasi belajar pekerjaan dasar teknik mesin, dibuktikan dengan koefisien determinasi 55,2%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Pengaruh.
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 03 Feb 2020 06:30
Last Modified: 03 Feb 2020 06:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67378

Actions (login required)

View Item View Item