Analisis Butir Soal Penilaian Akhir Semester Mata Pelajaran IPS SMP Kelas VII Tahun Ajaran 2016/2017 Di Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta.

Nelawati, Ulya and Siasah, Muhsinatun (2019) Analisis Butir Soal Penilaian Akhir Semester Mata Pelajaran IPS SMP Kelas VII Tahun Ajaran 2016/2017 Di Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (609kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (882kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (805kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (353kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti ontentik kualitas butir soal Penilaian Akhir Semester Mata Pelajaran IPS kelas VII SMP Negeri di Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta meliputi: (1) kualitas butir soal secara kualitatif; (2) kualitas butir soal secara kuantitatif ; dan (3) karakteristik butir soal. Penelitian ini merupakan penelitian analisis dokumen dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri atas 54 SMP negeri dengan jumlah siswa sebanyak 7.708 orang. Responden dalam penelitian ini berjumlah 9 SMP negeri dengan 1.335 siswa. Teknik pengambilan responden dilakukan dengan stratified random sampling. Pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini yaitu analisis kualitatif melalui expert judgment, analisis kuantitatif dan analisis butir soal menggunakan pendekatan teori respon butir dengan bantuan program Bilog MG. Jumlah total soal yang dianalisis sebanyak 50 butir berbentuk pilihan ganda. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) dari analisis kualitatif terdapat beberapa butir soal yang belum memenuhi kriteria butir yang baik pada aspek materi, konstruksi, dan bahasa. Butir soal yang baik sebesar 60%, sedangkan 40% lainnya belum memenuhi kriteria; (2) dari analisis kuantitatif mencakup validitas dan reliabilitas soal. Hasil analisis validitas menunjukkan sebanyak 40% butir masuk kategori valid, 50% masuk kategori cukup valid, dan 10% butir tidak valid. Hasil estimasi reliabilitas memperoleh koefisien sebesar 0.558 dan masuk kategori rendah; dan (3) perangkat tes dinyatakan cocok pada model 3 PL sebanyak 25 butir atau 50% dengan karakteristik sebagai berikut: hasil perhitungan indeks tingkat kesulitaan soal menunjukkan 100% butir masuk dalam katogi sedang, hasil perhitungan indeks daya pembeda menunjukkan 88% butir masuk kategori baik dan 12% butir masuk kategori tidak baik, hasil perhitungan pseudo guessing menunjukkan sebesar 92% butir masuk kategori baik dan 8% butir masuk kategori tidak baik. Fungsi informasi tes tertinggi dengan nilai fungsi informasi tes tertinggi sebesar 7,329 dan memiliki kesalahan pengukuran terkecil sebesar 0,369. Dan fungsi informasi tes terendah terletak pada kemampuan (

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: analisis butir soal, teori respon butir, bilog mg
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Feb 2020 06:15
Last Modified: 03 Feb 2020 06:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67377

Actions (login required)

View Item View Item