Purwaningsih, Nining and Fauziah, Puji Yanti (2019) Implementasi Pembelajaran Homeschooling Tunggal (Studi Kasus Berdasarkan Perbedaan Profesi Ibu). S2 thesis, Program Pascasarjana.
|
Text
Cover.pdf Download (680kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (792kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Download (235kB) | Preview |
|
|
Text
Bab IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab V.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (382kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh informasi: (1) alasan homeschooler menerapkan homeschooling tunggal bagi pendidikan anak, (2) implementasi pembelajaran homeschooling tunggal, dan (3) faktor pendukung dan penghambat homeschooling tunggal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus dengan metode komparatif. Penelitian ini melibatkan dua subjek, yaitu: homeschooler Ny.N beralamatkan di Bantul dan homeschooler Ny.P beralamatkan di Sleman. Masing- masing subjek terdiri dari dua partisipan (ayah dan ibu) sebagai pendidik utama. Subjek penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling berdasarkan kriteria yang ditetapkan oleh peneliti. Data penelitian diperoleh dari sumber data primer (subjek penelitian dan significant other) dan sumber data sekunder (ijazah dan hasil keterampilan). Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data melalui proses reduksi, analisis, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: (1) alasan dari kedua subjek memutuskan homeschooling adalah faktor distrust terhadap sekolah formal, keinginan memberikan pengajaran agama, memberikan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus dan gangguan kesehatan, serta kebutuhan pendidikan alternatif yang mewadahi potensi peserta didik; (2) homeschooling menjadi pendidikan alternatif bagi kedua subjek dengan implementasi pembelajaran menggunakan kurikulum dari pemerintah, namun dikelola secara mandiri dan fleksibel berdasarkan otonomi anak; dan (3) faktor pendukung pendidikan homeschooling, yaitu: legalitas homeschooling, kepuasan terhadap pendidikan yang humanis, pendidikan berdasarkan multiple intelligence, kelekatan anak dengan keluarga, anak memiliki keterampilan hidup dan konsep diri yang positif. Sedangkan faktor penghambat pendidikan homeschooling, yaitu: sistem regulasi pendidikan homeschooling tidak diimbangi dengan sosialisasi dari pemerintah terhadap satuan pendidikan, evaluasi pendidikan informal belum berdiri secara independen, dan evaluasi pada pendidikan nonformal belum berjalan secara optimal.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | homeschooling, pendidikan nonformal |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 05:37 |
Last Modified: | 03 Feb 2020 05:37 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67372 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |