PENGEMBANGAN MODUL UTILITAS BANGUNAN DAN PEKERJAAN PLAMBING PADA MATA PELAJARAN SISTEM UTILITAS BANGUNAN GEDUNG DI SMK NEGERI 2 PENGASIH

Payoga, Ega (2020) PENGEMBANGAN MODUL UTILITAS BANGUNAN DAN PEKERJAAN PLAMBING PADA MATA PELAJARAN SISTEM UTILITAS BANGUNAN GEDUNG DI SMK NEGERI 2 PENGASIH. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Halaman Sampul.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (608kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (749kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk: (1) menghasilkan modul Utilitas Bangunan dan Pekerjaan Plambing pada kompetensi keahlian konstruksi, gedung, sanitasi dan perawatan di SMK Negeri 2 Pengasih, (2) mengetahui hasil kelayakan yang diperoleh dari pengujian validasi modul oleh ahli materi, ahli media dan pengguna modul. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Design and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah 4D (four-D) Thiagarajan, meliputi tahapan define, design, develop, dan disseminate. Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian dengan empat rating scale yang divalidasi oleh dosen sesuai keahlian. Lembar penilaian digunakan untuk menguji kelayakan modul melalui validasi ahli materi, ahli media, dan guru selaku calon pengguna. Hasil penelitian menunjukkan; (1) pengembangan modul dengan model 4D pada tahap define modul terdiri dari 8 KD dan menghasilkan 5 Kegiatan Belajar materi pelajaran, pada tahap design menyusun modul sesuai dengan kompetensi dan tujuan pembelajaran yang telah dibuat, pada tahap develop ahli materi perlu revisi format penyusunan dan gambar pada materi modul, sedangkan ahli media perlu revisi cover modul, dan pada tahap disseminate penyebaran modul hanya kepada guru mata pelajaran Sistem Utilitas Bangunan Gedung, (2) penilaian validasi modul Utilitas Bangunan dan Pekerjaan Plambing di SMK Negeri 2 Pengasih, berdasarkan pengujian validasi materi mendapat skor 3,18 dengan predikat “layak”. Hasil pengujian validasi media mendapat skor 3,28 dengan predikat “sangat layak”. Hasil dari pengujian validasi oleh guru mata pelajaran Sistem Utilitas Bangunan Gedung aspek materi mendapat skor 3,06 dengan predikat “layak”, sedangkan aspek media mendapat skor 3,15 dengan predikat “layak”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, modul, utilitas bangunan
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 30 Jan 2020 08:03
Last Modified: 30 Jan 2020 08:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67337

Actions (login required)

View Item View Item