Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Problem-Based Learning Berbantuan Web untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik SMA.

Alandia, Rahma Ghalda and Suparwoto, Suparwoto (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Problem-Based Learning Berbantuan Web untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik SMA. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) menghasilkan produk perangkat pembelajaran fisika model problem-based learning berbantuan web yang layak digunakan dalam pembelajaran fisika materi Momentum dan Impuls pada peserta didik SMA kelas X; dan (2) mendeskripsikan keefektifan perangkat pembelajaran yang dihasilkan tersebut dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses sains peserta didik SMA kelas X. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah RPP, buku teks dan media web. Penelitian ini menerapkan model pengembangan 4D yang terdiri dari: pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebarluasan. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMAN 1 Bawang. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan melibatkan dua kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol. Pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan tes. Instrumen terdiri dari lembar penilaian keterlaksanaan pembelajaran, angket respon peserta didik, tes penilaian kemampuan berpikir kritis, tes penilaian keterampilan proses sains aspek kognitif, dan lembar observasi keterampilan proses sains aspek psikomotorik. Data dianalisis menggunakan tes normalitas dan homogenitas, analisa n-gain, analisa mean difference dan analisa effect size untuk mendeskripsikan efektivitas dari pengembangan perangkat pembelajran fisika pada kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses sains peserta didik. Hasil dari penelitian ini adalah (1) perangkat pembelajaran fisika model problem-based learning berbantuan web layak digunakan dalam pembelajaran fisika materi Momentum dan Impuls pada peserta didik SMA Kelas X berdasarkan penilaian ahli terhadap RPP, buku teks dan media web dan berdasarkan respon peserta didik terhadap pembelajaran; dan (2) perangkat pembelajaran fisika model problem-based learning berbantuan web efektif untuk meningkatkan meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dan keterampilan proses sains pada peserta didik SMA kelas X berdasarkan hasil uji anava mixed design dan effect size.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: berpikir kritis, problem-based learning, proses sains, web
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 30 Jan 2020 06:31
Last Modified: 09 Oct 2023 02:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67333

Actions (login required)

View Item View Item