Pengembangan Perangkat Pembelajaran Challenge- Based Learning Berorientasi Next Generation Science Standards untuk Meningkatkan Kemampuan Berargumentasi dan Mengomunikasikan Informasi.

Munawanto, Nino and Jumadi, Jumadi (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Challenge- Based Learning Berorientasi Next Generation Science Standards untuk Meningkatkan Kemampuan Berargumentasi dan Mengomunikasikan Informasi. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan perangkat pembelajaran model challenge-based berorientasi Next Generation Science Standard (NGSS) yang layak untuk pembelajaran materi gelombang elektromagnetik pada kelas XII SMA dan (2) menyelidiki efektivitas perangkat pembelajaran tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri dari tahap menganalisa, mendesain, mengembangkan, mengimplementasikan dan mengevaluasi. Subjek uji coba dalam tahap pilot meliputi 30 peserta didik kelas XII SMAN 1 Kajen. Sedangkan subjek uji tahap implementasi melibatkan 28 peserta didik kelas XII IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan 28 peserta didik kelas XII IPA 2 SMAN 1 Kandangserang sebagai kelas kontrol. Uji coba menghasilkan data kelayakan perangkat pembelajaran dan hasil belajar siswa terhadap kemampuan engaging in argument from evidence (EAE) dan obtaining, evaluating and communicating information (OECI). Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design untuk mengetahui efektivitas perangkat pembelajaran dalam meningkatkan kedua kemampuan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan indeks Aiken’s yang tinggi pada perangkat pembelajaran kesesuaian ( ( antara , , instrumen penilaian ). Hasil analisis efektivitas berdasarkan peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen menunjukkan nilai N-Gain (0,62) yang lebih tinggi daripada kelas kontrol (0,46). Selain itu, analisis efektivitas yang dilakukan dengan menggunakan Multivariate Analysis of Variance menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen berbeda secara signifikan ( ) dan lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar kelas kontrol. Hasil tersebut menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran challenge-based berorientasi NGSS terbukti efektif dalam memfasilitasi peserta didik dalam mencapai kemampuan EAE dan OECI.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: challenge-based learning, gelombang elektromagnetik, NGSS, pembelajaran fisika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 30 Jan 2020 05:44
Last Modified: 30 Jan 2020 05:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67330

Actions (login required)

View Item View Item