EFEKTIVITAS TEKNIK GUNTINGAN ATLET PENCAK SILAT KATEGORI TANDING PADA PEKAN OLAHRAGA PELAJAR DAERAH TAHUN 2019 (Studi Kasus di Daerah Istimewa Yogyakarta)

Az-Zahra, Puteri Nuzul Mazida Rahma (2020) EFEKTIVITAS TEKNIK GUNTINGAN ATLET PENCAK SILAT KATEGORI TANDING PADA PEKAN OLAHRAGA PELAJAR DAERAH TAHUN 2019 (Studi Kasus di Daerah Istimewa Yogyakarta). S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Putrin Revisi FULL.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini secara umum adalah efektifitas tehnik guntingan atlet kategori tanding pada pekan olahraga pelajar daerah cabang pencak silat 2019, sedangkan secara khusus tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gerak tehnik guntingan yang efektif dan mendapatkan point dalam pertandingan yang dilakukan pesilat remaja pada pertandingan dalam pertandingan pencak silat kategori tanding pada Pekan Olahraga Pelajar DIY 2019. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survai. Instrumen penelitian menggunakan video, lembar observasi dan dokumentasi untuk memperoleh data yang valid. Sampel yang digunakan sebanyak 68 atlet dengan teknik purposive sampling, yaitu atlet yang masuk pada babak semifinal dan final pada Pekan Olahrga Pelajar Daerah Tahun 2019. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa teknik guntingan yang efektif pada pertandingan Pekan Olahraga Pelajar DIY tahun 2019 cabang olahraga pencak silat kategori tanding sebanyak 207 guntingan dengan presentase (17,40%) dari 36 guntingan yang dinyatakan sah dan dengan presentase (82,60%) dari 171 gutingan yang dinyatakan tidak sah. Dengan hasil penelitian maka guntingan dalam merupakan guntingan yang efektif pada Pekan Olahraga Pelajar DIY Cabang Olahraga Pencak Silat tahun 2019.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dr. Awan Hariono, M.Or. (Dosen Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: pencak silat, teknik guntingan
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 Jan 2020 03:08
Last Modified: 28 Jan 2020 03:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67262

Actions (login required)

View Item View Item