PENGEMBANGAN MODUL AUTOCAD UNTUK MATA PELAJARAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK DAN INTERIOR GEDUNG SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMK NEGERI 2 KLATEN

Savira, Siva Rara (2020) PENGEMBANGAN MODUL AUTOCAD UNTUK MATA PELAJARAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK DAN INTERIOR GEDUNG SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMK NEGERI 2 KLATEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. LAMPIRAN.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran AutoCAD Mata Pelajran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung Program Keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan SMK N 2 Klaten. Jenis penelitian ini D &D menggunakan metode penelitian pengembangan model 4D (four-D) Thiagarajan, meliputi tahapan define (pendefisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Instrumen yang digunakan berupa angket. Angket digunakan untuk menguji kelayakan modul melalui validasi ahli materi dan ahli media. Penilaian modul juga dilakukan oleh guru mata pelajaran APLPIG selaku calon pengguna. Penelitian ini menghasilkan sebagai berikut. (1) Tahap pemgembangan define dengan hasil front analysis belum tersediannya modul,leaner analysis siswa belum mempunyai buku pegangan, task analysis beberapa tugas menggunakan Aplikasi perangkat lunak, concept analysis penyajian materi sesuai KI-KD, specifying instructional objejectives merumusan tujuan pembelajaran, (2) Design dihasilkan rancangan modul AutoCAD mata pelajaran APL-PIG mengacu pada kurikulum 2013 revisi yang teridiri dari 6 KD dengan menghasilkan 6 Kegiatan Pembelajaran, (3).Development berupa saran dan validasi dari ahli materi dengan saran terkait standar penggunaan modul dan notasi pada gambar, ahli media dengan saran terkait gambar yang harus diperjelas dan format penulisan modul dan guru dengan tidak ada saran karna modul dianggap sudah lengkap, Hasil pengujian kelayakan modul oleh ahli materi mendapat skor 3,8 dengan predikat sangat layak, hasil pengujian kelayakan oleh ahli media mendapat skor 3,76 dengan predikat sangat layak dan hasil dari penilaian guru mata pelajaran APL-PIG dalam aspek materi mendapat skor 3,8 dengan predikat sangat layak, (4) Disseminate diberikan kepada guru mata pelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Modul , Aplikasi Perangkat Lunak, Perancangan Interior Gedung.
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 28 Jan 2020 02:14
Last Modified: 28 Jan 2020 02:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67252

Actions (login required)

View Item View Item