PENGEMBANGAN MODUL MENGGAMBAR DETAIL PONDASI DAN SLOOF PADA RUMAH TINGGAL 2 LANTAI MATA PELAJARAN KONSTRUKSI DAN UTILITAS GEDUNG SISWA KELAS XI DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN (DPIB) SMK NEGERI 2 DEPOK

Yuristiary, Yeyen (2020) PENGEMBANGAN MODUL MENGGAMBAR DETAIL PONDASI DAN SLOOF PADA RUMAH TINGGAL 2 LANTAI MATA PELAJARAN KONSTRUKSI DAN UTILITAS GEDUNG SISWA KELAS XI DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN (DPIB) SMK NEGERI 2 DEPOK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (869kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (658kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran modul menggambar detail pondasi dan sloof pada rumah tinggal 2 lantai mata pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung siswa kelas xi Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) SMK Negeri 2 Depok. Jenis penelitian ini Design and Development (D&D) dengan model 4D yaitu, pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (disseminate). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan angket. Teknik analisis data dalam pengembangan ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yaitu pengembangan modul: (1) define, dengan hasil front analysis belum tersedianya modul, learn analysis siswa belum mempunyai buku pegangan, task analysis beberapa tugas menggambar pondasi dan sloof, concept analysis penyajian teori sesuai dengan KI-KD, specifying instructional objectives merumuskan tujuan pembelajaran; (2) design, mendesain isi modul; (3) development, menguji kelayakan modul dari ahli materi, ahli media dan guru mata pelajaran KUG. Adapun saran dari ahli materi yaitu memperbaiki (SOP, menghilangkan teori trassram, dan menambahkan langkah-langkah menggambar pondasi), ahli media yaitu (konsistensi notasi, font, dan menambahkan tugas pada KB4) dan guru mata pelajaran KUG (menambahkan langkah-langkah menggambar pondasi). Penilaian kelayakan modul berdasarkan analisis ahli materi mendapatkan skor 3,58 pada kategori “sangat layak”, ahli media mendapatkan skor 3,67 pada kategori “sangat layak”, dan guru mata pelajaran KUG mendapatkan skor 3,58 pada kategori “sangat layak”.; dan (4) disseminate, penyebaran produk kepada guru mata pelajaran KUG SMK Negeri 2 Depok.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, konstruksidanutilitasgedung, modul, validasi
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 28 Jan 2020 02:02
Last Modified: 28 Jan 2020 02:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67250

Actions (login required)

View Item View Item