HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG GIZI DAN MAKANAN DENGAN POLA MAKAN PADA MAHASISWA PENDERITA GIZI LEBIH DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Islami, Kauni Nur (2019) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG GIZI DAN MAKANAN DENGAN POLA MAKAN PADA MAHASISWA PENDERITA GIZI LEBIH DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (805kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (683kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, tingkat pengetahuan tentang gizi dan makanan, pola makan, hubungan antara tingkat pengetahuan tentang gizi dan makanan dengan pola makan pada mahasiswa penderita gizi lebih di Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi penelitian adalah mahasiswa FT Universitas Negeri Yogyakartaangkatan 2014-2018 dengan IMT≥25, jenjang pendidikan S1 dan D3 dengan jumlah populasi 80 mahasiswa. Pengambilan sampel penelitian sebanyak 50 responden dilakukan dengan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes pengetahuan sebanyak 40 item,angket food recall selama 3 hari dan food frequency selama 7 hari. Validitas instrumen berupa tes dan angket dilakukan dengan expert judgment dan dilanjutkan dengan analisis menggunakan program SPSS versi 24. Analisis data dilakukan dengan statistik korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)Tingkat pengetahuan tentang gizi dan makanan pada mahasiswa penderita gizi lebih di Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta menunjukkan 32 responden (64%) termasuk kategori tinggi, kategori cukup 18 responden (36%) dan tidak ada yang berada pada kategorirendah. 2) Pola makan pada mahasiswa penderita gizi lebih di Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta menunjukkan bahwa 27 responden (54%) kategori baik, 23 responden (46%) kategori cukup dan tidak ada responden dengan pola makan kurang. Tingkat konsumsi karbohidrat yang berada pada kategori baik 17 responden (34%), kategori cukup 2 responden (4%), tidak terdapat kategori sedang dan buruk, 31 responden (62%) melebihi dari angka kecukupan karbohidrat. Tingkat konsumsi protein pada semua responden melebihi dari angka kecukupan protein. Tingkat konsumsi lemak pada kategori baik 9 responden (18%), kategori cukup 9 responden (18%), kategori sedang 6 responden (12%) dan tidak terdapat kategori buruk terhadap responden, 26 responden (52%) melebihi dari angka kecukupan lemak. Tingkat kecukupan kalori pada kategori baik 9 responden (18%), kategori cukup 2 responden (4%), tidak terdapat kategori sedang dan buruk, 39 responden (78%) melebihi dari angka kecukupan kalori. 3) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara tingkat pengetahuan tentang gizi dan makanan dengan pola makan pada mahasiswa penderita gizi lebih dengan nilai r = 0,545 dan R2= 29,7%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengetahuan, gizi dan makanan, pola makan, gizi lebih, mahasiswa
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 27 Jan 2020 07:27
Last Modified: 27 Jan 2020 07:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67242

Actions (login required)

View Item View Item