PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN 2 BAGI SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMK NEGERI 1 PAJANGAN

Dewata, Hendra (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN 2 BAGI SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMK NEGERI 1 PAJANGAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (664kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menghasilkan sebuah modul Konstruksi Jalan dan Jembatan 2 serta mengetahui proses pembuatan modul sebagai sumber belajar peserta didik pada mata pelajaran Konstruksi Jalan dan Jembatan SMK Negeri 1 Pajangan. Penelitian dan pengembangan mengacu kepada model penelitian 4D meliputi define, design, develop, disseminate. Data diperoleh melalui validasi ahli yang dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan pendidik untuk mengetahui kelayakan produk meliputi aspek isi materi, aspek pembelajaran, dan desain modul. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan cara mengolah data kuantitatif yang kemudian ditafsirkan menjadi data kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa kurangnya media belajar di SMK Negeri 1 Pajangan sehingga dibuat media modul dengan judul “Konstruksi Jalan dan Jembatan 2” sebagai media belajar peserta didik yang sesuai dengan Kurikulum 2013 Revisi. Proses pembuatan modul disesuaikan dengan kompetensi dasar yang harus dicapai peserta didik dengan materi yang sesuai dengan kaidah keteknikan serta desain yang menarik dan nyaman untuk dipelajari. Hasil analisis data validasi menunjukan bahwa hasil uji validasi ahli materi memperoleh nilai rerata sebesar 3,65 (skala 4) dengan kriteria “sangat layak”, hasil uji validasi ahli media memperoleh nilai rerata sebesar 3,48 dengan kriteria “sangat layak”, dan hasil uji validasi pendidik memperoleh nilai rerata sebesar 3,81 dengan kriteria “sangat layak”. Berdasarkan keseluruhan hasil validasi menunjukan bahwa media modul Konstruksi Jalan dan Jembatan sangat layak digunakan. Modul disebarluaskan dengan cara diberikan kepada guru, peserta didik, dan diunggah pada Google Drive.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Modul, Jalan, dan Jembatan.
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 27 Jan 2020 06:00
Last Modified: 27 Jan 2020 06:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67234

Actions (login required)

View Item View Item