PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KONSTRUKSI DAN UTILITAS GEDUNG BAGI SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA

Iwan, Iwan (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KONSTRUKSI DAN UTILITAS GEDUNG BAGI SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. cover romawi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB II.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB III.pdf

Download (710kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB IV.pdf

Download (814kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB V.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. daftar pustaka.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. lampiran.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini (1) Mengembangkan modul Kosntruksi dan Utilitas Gedung kelas XI kompetensi keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan semester ganjil dan genap di SMK Negeri 3 Yogyakarta. (2) memperoleh hasil kelayakan modul pembelajaran yang telah dibuat sebagai bahan ajara mata pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Jenis penelitian ini R&D metode 4D dengan tahap (1) define, (2) design, (3) develop, dan (4) dissiminate. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Teknik analisis data dalam pengembangan ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini sebagai berikut (1) Tahab pengembangan define dengan hasil front analysis belum tersedianya modul, learner analysis siswa belum mempunyai buku pegangan, task analysis beberapa tugas menggambar dari pondasi hingga atap, concept analysis penyajian materi sesuai KI-KD, specifying instructional objejectives merumusan tujuan pembelajaran. design dihasilkan rancangan modul terdiri 6 kegiatan pembelajaran. Media dicetak menggunakan HVS 80 gr ukuran A4. diketik dengan huruf arial berukuran 12 spasi 1,5 pt. Develop berupa saran dan validasi dari ahli materi, ahli media dan guru.. Disseminate, diberikan kepada guru dan softfile. (2) Kelayakan modul Berdasarkan hasil analisis dosen ahli materi mendapatkan skor 3,70, ahli media mendapatkan skor 3,79, dan guru mendapatkan skor 3,61 dengan kategori “sangat layak”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kosntruksi dan Utilitas Gedung, Modul, Pengembangan.
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 27 Jan 2020 05:30
Last Modified: 27 Jan 2020 05:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67229

Actions (login required)

View Item View Item