PROSES PEMBUATAN SWING ARM BELAKANG PADA PROYEK MOBIL LISTRIK FAKULTAS TEKNIK UNY

Andana, Robby (2020) PROSES PEMBUATAN SWING ARM BELAKANG PADA PROYEK MOBIL LISTRIK FAKULTAS TEKNIK UNY. D3 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover-Daftar Lampiran_TA_Robby Andana_16508134050.pdf

Download (630kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak_TA_Robby Andana_16508134050.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1_TA_Robby Andana_16508134050.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2_TA_Robby Andana_16508134050.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3_TA_Robby Andana_16508134050.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4_TA_Robby Andana_16508134050.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5_TA_Robby Andana_16508134050.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka_TA_Robby Andana_16508134050.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran_TA_Robby Andana_16508134050.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Swing arm belakang adalah komponen mobil listrik yang meghubungkan rangka mobil dan penggerak roda, komponen ini terdiri dari bosh, arm, spacer, plat bantalan dan plat pengikat. Tujuan dari pembuatan swing arm belakang ini adalah untuk menentukan: (1) proses pembuatan swing arm belakang; (2) bahan yang digunakan; (3) alat dan mesin yang digunakan; (4) analisis kekuatan; (5) waktu yang dibutuhkan dalam pembuatan komponen; (6) uji fungsi komponen. Metode yang digunakan dalam pembuatan rangka atas yaitu : (1) identifikasi gambar kerja; (2) pemilihan bahan, pemilihan alat dan mesin yang akan digunakan; (3) langkah-langkah proses pembuatan swing arm belakang; (4) melakukan uji pada rangka. Komponen swing arm belakang menggunakan bahan: pipa dan hollow STKM 11A sebagai arm; besi ST 37 sebagai bosh; plat besi eyser sebagai bantalan dan plat pengikat; batang nilon sebagai spacer. Langkah-langkah pembuatan swing arm belakang dimulai dari identifikasi gambar, proses pemesinan menggunakan mesin bubut, proses pengeboran, proses fabrikasi menggunakan mesin las dan gerinda tangan, diakhiri dengan proses finishing berupa pengecatan. Hasil uji kinerja dari swing arm belakang yaitu : (1) Pengujian analisis menggunakan software Solidwork dengan diberi beban 1500 N terjadi pemindahan sebesar 1.35 mm pada bagian belakang; (2) Uji fungsi dengan hasil baik pada pengukuran dan dilakukan pengujian jalan pada prototype kerangka. Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan komponen swing arm belakang adalah 16 jam/2 hari kerja dengan asumsi delapan jam kerja per hari.

Item Type: Thesis (D3)
Uncontrolled Keywords: Swing Arm, Proses Pembuatan, Uji Kinerja
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Diploma 3 (D3) > D3 Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 27 Jan 2020 03:38
Last Modified: 27 Jan 2020 03:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67224

Actions (login required)

View Item View Item