Steven, Steven (2020) PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN GAMBAR PADA KOMPETENSI TEKNIK GAMBAR DAN MANUFAKTUR DI KELAS XII TFLM SMKN 2 DEPOK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
COVER.pdf Download (770kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (409kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (448kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 4.pdf Download (492kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui bentuk pendekatan Contextual Teaching Learning yang mampu meningkatkan kompetensi Perancangan Teknik dan Gambar Manufaktur sistem CAD pada peserta didik kelas XII Program keahlian Teknik Fabrikasi Logam dan Manufaktur SMKN 2 Depok Sleman; (2) Meningkatkan kompetensi peserta didik pada mata diklat Teknik Gambar Manufaktur sistem CAD dengan menggunakan pendekatan pembelajaran CTL bagi peserta didik kelas XII program keahlian Teknik Fabrikasi Logam dan Manufaktur di SMK N 2 Depok. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Pengambilan data dilakukan pada bulan Agustus hingga September 2019 di SMK N 2 Depok. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI TFLM A sebanyak 29 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, penilaian kompetensi, dan dokumentasi. Teknik penilaian yang diterapkan pada penelitian menggunakan penilaian berbasis produk dan proses yang berdasarkan dari hasil tugas jobsheet peserta didik. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah penerapan pendekatan Contextual Teaching Learning yang telah dilakukan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan yang terjadi dapat dilihat dari hasil penelitian siklus 1 sampai dengan siklus 2. Nilai rata-rata kelas pada siklus 1 adalah 78,06 dan meningkat sebesar 5.26% yaitu sebesar 81,8. Jumlah peserta didik yang telah mencapai standar kompetensi pada tiap siklusnya selalu mengalami peningkatan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perancangan Teknik dan Gambar Manufaktur, Kontekstual, Computer Aided Design (CAD), Kompetensi Peserta Didik |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Mesin |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 23 Jan 2020 08:15 |
Last Modified: | 23 Jan 2020 08:15 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67210 |
Actions (login required)
View Item |