PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN GAMBAR PADA KOMPETENSI TEKNIK GAMBAR DAN MANUFAKTUR DI KELAS XII TFLM SMKN 2 DEPOK

Steven, Steven (2020) PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN GAMBAR PADA KOMPETENSI TEKNIK GAMBAR DAN MANUFAKTUR DI KELAS XII TFLM SMKN 2 DEPOK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (770kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui bentuk pendekatan Contextual Teaching Learning yang mampu meningkatkan kompetensi Perancangan Teknik dan Gambar Manufaktur sistem CAD pada peserta didik kelas XII Program keahlian Teknik Fabrikasi Logam dan Manufaktur SMKN 2 Depok Sleman; (2) Meningkatkan kompetensi peserta didik pada mata diklat Teknik Gambar Manufaktur sistem CAD dengan menggunakan pendekatan pembelajaran CTL bagi peserta didik kelas XII program keahlian Teknik Fabrikasi Logam dan Manufaktur di SMK N 2 Depok. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Pengambilan data dilakukan pada bulan Agustus hingga September 2019 di SMK N 2 Depok. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI TFLM A sebanyak 29 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, penilaian kompetensi, dan dokumentasi. Teknik penilaian yang diterapkan pada penelitian menggunakan penilaian berbasis produk dan proses yang berdasarkan dari hasil tugas jobsheet peserta didik. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah penerapan pendekatan Contextual Teaching Learning yang telah dilakukan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan yang terjadi dapat dilihat dari hasil penelitian siklus 1 sampai dengan siklus 2. Nilai rata-rata kelas pada siklus 1 adalah 78,06 dan meningkat sebesar 5.26% yaitu sebesar 81,8. Jumlah peserta didik yang telah mencapai standar kompetensi pada tiap siklusnya selalu mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perancangan Teknik dan Gambar Manufaktur, Kontekstual, Computer Aided Design (CAD), Kompetensi Peserta Didik
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 23 Jan 2020 08:15
Last Modified: 23 Jan 2020 08:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67210

Actions (login required)

View Item View Item