Dirsa, Andika and Wardana, Amika (2019) Pendidikan Multikultural di SMA Kolese De Britto dan Madrasah Muallimin Muhammadiyah Y ogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.
|
Text
Cover.pdf Download (378kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (338kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
Bab IV.pdf Download (413kB) | Preview |
|
|
Text
Bab V.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (221kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pendidikan multikultural di SMA Kolese De Britto dan di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta, (2) nilai-nilai pendidikan multikultural yang ada di SMA Kolese De Britto dan di Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif naturalistik. Lokasi penelitian adalah SMA Kolese De Britto Yogyakarta dan Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru dan siswa, serta didukung oleh data sekunder (dokumentasi) lainnya. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, analisis dokumen dan dokumentasi. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri sebagai peneliti lapangan/pengumpul data. Analisis data menggunakan langkah-langkah yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan multikultural yang ada di SMA Kolese De Britto dan di Madrasah Muallimin Muhammadiyah dapat dibagi menjadi tiga nilai pokok. Pertama nilai keberagaman adalah unsur terpenting yang bersifat aspiratif, untuk menampung setiap perbedaan dilingkungan sekolah. Sehingga, keberagaman yang berbasis pada kemanusiaan dapat menjadikan sikap siswa untuk menghormati dan memahami perbedaan budaya, agama, dan etnis yang ada dilingkungannya. Kedua nilai toleransi didasari untuk menyatukan kepentingan setiap individu dan menjaga keharmonisan antar warga sekolah. Toleransi kemanusiaan memberikan penyadaran kepada siswa bahwa perbedaan budaya, agama, etnis, dan asal daerah bukanlah menjadi halangan untuk bersatu. Ketiga nilai kepedulian dibentuk atas dasar persamaan kodrat manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Kuasa dan memperlakukan orang lain selayaknya sesuai nilai-nilai kemanusiaan. Segala perbedaan yang ada justru bukan sebagai halangan, tetapi kepedulian yang membuat siswa bersatu untuk menjalin kerjasama dalam kehidupannya.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keberagaman, kepedulian, pendidikan multikultural, toleransi |
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan IPS |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 23 Jan 2020 03:05 |
Last Modified: | 23 Jan 2020 03:05 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67200 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |