PENGARUH BIMBINGAN KEJURUAN TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK MESIN DI SMK NEGERI 2 WONOSARI

Untoro, Tri (2019) PENGARUH BIMBINGAN KEJURUAN TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK MESIN DI SMK NEGERI 2 WONOSARI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan kesiapan kerja siswa antara kelas yang diberi perlakuan berupa Bimbingan Kejuruan dengan kelas yang tidak diberi materi Bimbingan Kejuruan pada siswa kelas XI Jurusan Teknik Mesin di SMK N 2 Wonosari Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen (Quasi Eksperiment). Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Jurusan Teknik Mesin semester 3 di SMK N 2 Wonosari Tahun Pelajaran 2019/2020 dan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling (sampel bertujuan). Jumlah sampel sebanyak 60 siswa yang terbagi dalam dua kelompok yaitu kelas XI MA sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MB sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner (angket), materi Bimbingan Kejuruan dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Teknik pengumpulan pada penelitian ini menggunakan angket yang terdiri dari pretest dan posttest. Validitas instrumen didapat dari pendapat para ahli (expert judgement) dan diujicobakan. Validitas konstruksi untuk angket dihitung dengan analisis item yaitu dengan mengkorelasikan antar nilai tiap-tiap butir pernyataan dengan skor total menggunakan product moment. Reliabilitas instrumen diuji dengan menggunakan rumus Cronbach’s Alpha. Pengujian hipotesis menggunakan uji independent sample t-tes untuk mengetahui perbedaan rata-rata dua sample yang tidak berpasangan (hasil posttest kelas eksperimen dengan hasil posttest kelas kontrol). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan kesiapan kerja yang signifikan antara kelas eksperimen yang diberi materi bimbingan kejuruan dengan kelas kontrol yang tidak diberi bimbingan kejuruan (nilai Sig. 2 tailed = 0,019 yaitu <0,05). (2) Pada rerata hasil posttest, kesiapan kerja kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol (kesiapan kerja kelas eksperimen = 76,23 > kesiapan kerja kelas kontrol = 73,83).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kejuruan, Kesiapan Kerja.
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 16 Jan 2020 06:45
Last Modified: 16 Jan 2020 06:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67148

Actions (login required)

View Item View Item