TINGKAT PEMAHAMAN PEMBUATAN POLA BERBASIS CAD PADA MATA PELAJARAN BUSANA INDUSTRI SISWA KELAS XI TATA BUSANA SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA

Hidayah, Karima Asri (2019) TINGKAT PEMAHAMAN PEMBUATAN POLA BERBASIS CAD PADA MATA PELAJARAN BUSANA INDUSTRI SISWA KELAS XI TATA BUSANA SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
01 COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02 BAB I .pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03 BAB II.pdf

Download (662kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04 BAB III.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05 BAB IV.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06 BAB V.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08 LAMPIRAN.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk; 1) Mengetahui tingkat pemahaman konsep translasi, 2) Mengetahui tingkat pemahaman konsep interpretasi dan 3) mengetahui tingkat pemahaman konsep ekstrapolasi siswa kelas XI jurusan Tata Busana terhadap materi pembuatan pola digital berbasis CAD di SMK Negeri 6 Yogyakarta. Penelitian mengenai tingkat pemahaman pembuatan pola berbasis CAD pada mata pelajaran busana industri ini merupakan penelitian diskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini siswa kelas XI tata busana SMK Negeri 6 Yogyakarta dengan jumlah 91 siswa dengan sampel yang digunakan merupakan 15 siswa sampel uji instrumen, dan 76 siswa merupakan sample data. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Banyak butir instrumen tes adalah 45 butir dengan opsi pilihan jawaban benar dan salah. Validitas instrument penelitian menggunakan validitas konstruk dengan pencapaian r-hitung >0.300. Reliabilitas digunakan rumus Alfa Cronbach dengan hasil sebesar 0.905 sehingga dikatakan reliabel untuk dilakukan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan; 1) Pemahaman tahap translasi terhadap pembuatan pola digital berbasis CAD masuk dalam kategori sedang. 2) Pemahaman tahap interpretasi terhadap pembuatan pola digital berbasis CAD masuk dalam kategori sedang. 3) Pemahaman tahap ekstrapolasi terhadap pembuatan pola digital berbasis CAD masuk dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: CAD, pemahaman, translasi, interpretasi, ekstrapolasi
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 16 Jan 2020 04:10
Last Modified: 16 Jan 2020 04:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67144

Actions (login required)

View Item View Item