PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK MESIN BERBASIS SKKNI KELAS X DI SMK N 1 PUNDONG

Alma, Alif Munaqosatul (2019) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK MESIN BERBASIS SKKNI KELAS X DI SMK N 1 PUNDONG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (277kB) | Preview
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (0B)

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah: (1) Mengetahui model instrumen penilaian yang tepat dan sesuai dalam pembelajaran pekerjaan dasar teknik mesin; (2) Menghasilkan model instrumen penilaian pada mata pelajaran pekerjaan dasar teknik mesin yang mengacu pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) yang telah dikembangkan; (3) Mengetahui kelayakan instrumen penilaian pada mata pelajaran pekerjaan dasar teknik mesin yang telah dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development) level 1. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Pundong. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini berupa angket dan instrumen penilaian. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan validitas isi yang diklasifikasikan menjadi data kualitatif, berupa saran dan keritik validator, dan data kuantitatif, berupa skor penilaian dari validator. Hasil penelitian ini adalah: (1) Instrumen penilaian mata pelajaran pekerjaan dasar teknik mesin yang terdiri dari 3 ranah/aspek penilaian yaitu: (a) ranah kognitif, menggunakan jenis tes pilihan ganda; (b) psikomotorik, menggunakan jenis penilaian produk; (c) afektif, menggunakan jenis penilaian sikap dengan teknik observasi, sehingga instrumen penilaian ini siap digunakan; (2) Model instrumen penilaian mata pelajaran pekerjaan dasar teknik mesin yang mengacu pada SKKNI, yang telah dikembangkan, terdiri dari : (a) kriteria unjuk kerja; (b) beberapa soal-soal pada instrumen penilaian aspek kognitif di ambil dari modul penilaian berbasis kompetensi; (c) instrumen penilaian aspek psikomotorik dan afektif. Sehingga menghasilkan model instrumen penilaian mata pelajaran pekerjaan dasar teknik mesin yang mengacu pada SKKNI; (3) Hasil uji kelayakan terhadap instrumen penilaian mata pelajaran pekerjaan dasar teknik mesin yang dikembangkan menurut validator untuk materi secara keseluruhan mendapatkan persentase sebesar 88% sehingga dapat dikatakan layak untuk digunakan. Menurut validator untuk evaluasi instrumen penilaian mata pelajaran pekerjaan dasar teknik mesin memperoleh persentase sebesar 86,03 % sehingga dapat dikatakan layak untuk di uji coba.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: model, instrumen penilaian, pekerjaan dasar teknik mesin
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 16 Jan 2020 03:21
Last Modified: 16 Jan 2020 03:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67136

Actions (login required)

View Item View Item