PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GAMBAR TEKNIK PADA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Danuri, Maulana (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GAMBAR TEKNIK PADA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (937kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (111kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian Tugas Akhir Skripsi ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan Bahan Ajar Gambar Teknik yang mempunyai karakteristik self instruction, self contained, stand alone, user friendly, clarity of massage, representasi isi dan klasikal atau individual. (2) mengetahui tingkat kelayakan modul pembelajaran Gambar Teknik untuk kelas X pada program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian Reseach and Depelopment (R&D) dengan model pengembangan dari Sugiyono (2014) yang meliputi beberapa tahapan yaitu: (1) Identifikasi masalah; (2) pengumpulan informasi; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) perbaikan desain; (6) uji coba produk terbatas; (7) perbaikan produk 1; (8) uji coba pemakaian; (9) perbaikan produk 2; (10) produksi masal. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X dengan jumlah 21 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket dengan skala likert empat pilihan untuk memperoleh data kelayakan modul pembelajaran. Validitas dan reliabilitas instrumen diuji menggunakan aplikasi SPSS. Analisis data menggunakan Teknik analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa modul pembelajaran Gambar Teknik untuk siswa kelas X program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta yang terdiri dari 9 Kegiatan Belajar. Penilaian tingkat kelayakan modul meliputi aspek materi, media, uji coba produk terbatas, dan uji coba pemakaian yang diikuti oleh 21 peserta didik. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa; (1) kelayakan modul pembelajaran berdasarkan ahli materi mendapatkan presentase sebesar 89% dan dikategorikan sangat layak; (2) kelayakan modul berdasarkan ahli media mendapatkan presentase sebesar 78% dan dikategorikan layak; (3) uji coba produk terbatas mendapatkan presentase sebesar 84,5% dikategorikan sangat layak, dan; (4) uji coba pemakaian mendapatkan presentase sebesar 84,5% dan dikategorikan sangat layak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Modul pembelajaran, Gambar Teknik, Instalasi listrik
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 15 Jan 2020 06:49
Last Modified: 24 Jan 2020 06:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67124

Actions (login required)

View Item View Item