Danuri, Maulana (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GAMBAR TEKNIK PADA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
COVER.pdf Download (937kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (306kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (111kB) | Preview |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
Penelitian Tugas Akhir Skripsi ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan Bahan Ajar Gambar Teknik yang mempunyai karakteristik self instruction, self contained, stand alone, user friendly, clarity of massage, representasi isi dan klasikal atau individual. (2) mengetahui tingkat kelayakan modul pembelajaran Gambar Teknik untuk kelas X pada program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian Reseach and Depelopment (R&D) dengan model pengembangan dari Sugiyono (2014) yang meliputi beberapa tahapan yaitu: (1) Identifikasi masalah; (2) pengumpulan informasi; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) perbaikan desain; (6) uji coba produk terbatas; (7) perbaikan produk 1; (8) uji coba pemakaian; (9) perbaikan produk 2; (10) produksi masal. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X dengan jumlah 21 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket dengan skala likert empat pilihan untuk memperoleh data kelayakan modul pembelajaran. Validitas dan reliabilitas instrumen diuji menggunakan aplikasi SPSS. Analisis data menggunakan Teknik analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa modul pembelajaran Gambar Teknik untuk siswa kelas X program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta yang terdiri dari 9 Kegiatan Belajar. Penilaian tingkat kelayakan modul meliputi aspek materi, media, uji coba produk terbatas, dan uji coba pemakaian yang diikuti oleh 21 peserta didik. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa; (1) kelayakan modul pembelajaran berdasarkan ahli materi mendapatkan presentase sebesar 89% dan dikategorikan sangat layak; (2) kelayakan modul berdasarkan ahli media mendapatkan presentase sebesar 78% dan dikategorikan layak; (3) uji coba produk terbatas mendapatkan presentase sebesar 84,5% dikategorikan sangat layak, dan; (4) uji coba pemakaian mendapatkan presentase sebesar 84,5% dan dikategorikan sangat layak.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul pembelajaran, Gambar Teknik, Instalasi listrik |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Elektro |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 15 Jan 2020 06:49 |
Last Modified: | 24 Jan 2020 06:22 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67124 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |