MEDIA PEMBELAJARAN INVERSE KINEMATIC MENGGUNAKAN HEXAPOD ROBOT PADA MATA KULIAH ROBOTIKA

Suprihono, Hendi (2020) MEDIA PEMBELAJARAN INVERSE KINEMATIC MENGGUNAKAN HEXAPOD ROBOT PADA MATA KULIAH ROBOTIKA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (548kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendapatkan desain media pembelajaran inverse kinematic, (2) mengetahui unjuk kerja media pembelajaran inverse kinematic, dan (3) tingkat kelayakan media pembelajaran inverse kinematic menggunakan hexapod robot pada mata kuliah Robotika. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan penggembangan dengan menggunakan model ADDIE, dengan tahapan: (1) Analyze, (2) Design, (3) Develop, (4) Implement, dan (5) Evaluate. Objek penelitian adalah hexapod robot dengan 3 degree of freedom. Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Elektronika yang mengambil konsentrasi Elektronika Industri. Metode pengumpulan data menggunakan observasi kelas dan kuisioner dengan skala likert 4 pilihan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian dan pengembangan diperoleh: (1) desain media pembelajaran inverse kinematic menggunakan hexapod robot, (2) unjuk kerja melalui pengujian black box, media pembelajaran inverse kinematic menggunakan hexapod robot secara fungsional perangkat dapat berfungsi dengan baik dan mendapatkan hasil 100%. Setiap kaki robot dapat bergerak terhadap sumbu x, y, dan z dengan persentase error rata-rata x sebesar 7,4%, y sebesar 11,67%, dan z sebesar 7,87% serta menghasilkan 14 jenis pergerakan hexapod robot, (3) tingkat kelayakan media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli materi memperoleh skor rerata 79,5 dari skor maksimal 84 dengan persentase 94,64% (sangat layak), skor media memperoleh skor rerata 88,5 dari skor maksimal 92 dengan persentase 96,2% (sangat layak), dan pengguna memperoleh skor rerata 77,8 dari skor maksimal 96 dengan persentase 80,99% (layak). Sehingga, media pembelajaran inverse kinematic menggunakan hexapod robot termasuk dalam kategori sangat layak untuk digunakan pada mata kuliah Robotika.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, inverse kinematic, hexapod robot, robotika
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektronika dan Informatika > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 15 Jan 2020 06:40
Last Modified: 15 Jan 2020 06:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67123

Actions (login required)

View Item View Item