PENGARUH PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI DI SMKN 2 KLATEN KOMPETENSI KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN

Swastana, Akib Rizkon (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI DI SMKN 2 KLATEN KOMPETENSI KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (938kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Tingkat Pembelajaran Kewirausahaan Siswa Kelas XI di SMKN 2 Klaten Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan; (2) Tingkat Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI di SMKN 2 Klaten Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (3) Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI di SMKN 2 Klaten Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan. Penelitian kausal komparatif ini menggunakan sampel kelas XI kompetensi keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMKN 2 Klaten Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 54 siswa. Uji coba instrument dilakukan pada 18 responden. Pengumpulan data Pembelajaran Kewirausahaan dan Minat Berwirausaha menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis regresi sederhana. Sebelum analisis data, terlebih dahulu dilakukan pengujian persyaratan analisis meliputi uji normalitas dan uji linieritas. Berdasar hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) Hasil pertihungan rerata pembelajaran kewirausahaan sebesar 72,7 berada dalam rentang 57,5 – 74,75 atau dengan skala 100 sebesar 79 berada dalam rentang 75-100 menunjukkan pada kategori tinggi, artinya pembelajaran kewirausahaan untuk responden sudah tinggi. (2) Hasil pertihungan rerata minat berwirausaha sebesar 67,7 berada dalam rentang 52,5 – 68,25 atau dengan skala 100 sebesar 80,6 berada dalam rentang 75-100 menunjukkan pada kategori tinggi, artinya minat berwirausaha untuk responden sudah tinggi. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Pembelajaran Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI di SMKN 2 Klaten Program Keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan dengan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,584 > rtabel 0,266, Koefisien determinasi (r2xy) sebesar 0,341, Nilai thitung sebesar 5,188 > ttabel 1,671 dengan nilai signifikansi t sebesar 0,000 dan persamaan garis linier Y=0,400 X + 38,591.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kewirausahaan, Minat Berwirausaha
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 27 Dec 2019 03:34
Last Modified: 28 Jan 2020 07:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67021

Actions (login required)

View Item View Item