PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PEMBUATAN MINUMAN YOGURT PADA MATA PELAJARAN PRODUKSI PENGOLAHAN HASIL HEWANI UNTUK SISWA KELAS XI SMK N 1 CANGKRINGAN

Harlie, Elsa Septiana (2019) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PEMBUATAN MINUMAN YOGURT PADA MATA PELAJARAN PRODUKSI PENGOLAHAN HASIL HEWANI UNTUK SISWA KELAS XI SMK N 1 CANGKRINGAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mengembangkan video pembelajaran dengan materi pembuatan minuman yogurt pada mata pelajaran Produksi Hasil Hewani di kelas XI SMK N 1 Cangkringan, 2) Mengetahui kelayakan video pembelajaran pada aspek pengolahan materi pembuatan minuman yogurt pada mata pelajaran Produksi Hasil Hewani di kelas XI SMK N 1 Cangkringan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D (define, design, develop, disseminate). Penelitian dilaksanakan pada bulan April-Oktober 2019 di Jurusan Pendidikan Teknik Boga dan Busana (PTBB), Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta. Penilaian kelayakan video pada penelitian ini dilakukan oleh 2 ahli materi, 1 ahli media dan 30 orang siswa kelas XI SMK N 1 Cangkringan. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menemukan : 1) Video pembelajaran pembuatan minuman yogurt memiliki durasi 14 menit 29 detik dengan format mp4, ukuran file sebesar 687,6 MB dan resolusi 1080p. Video pembelajaran ini disebarluaskan secara online di platform YouTube pada channel Boga UNY dengan URL https://youtu.be/ZRuFZzDMGgw. Bagian video pembelajaran minuman yogurt ini antara lain: a) pembuka, pada bagian ini menjelaskan tentang materi susu, jenis yogurt, teknik pembuatan dan teknik pengemasan; b) isi, bagian ini yang mencakup kegiatan mulai dari persiapan alat dan bahan, proses pembuatan, proses penyajian, dan proses perhitungan rendemen; c) penutup, bagian terakhir yang menjelaskan tentang evaluasi dan kesimpulan video. 2) Hasil uji kelayakan video pembelajaran pembuatan minuman yogurt oleh ahli materi mendapat persentase nilai rata-rata sebesar 93,2%, oleh ahli media mendapat persentase nilai rata-rata sebesar 97,7% dan oleh 30 siswa dari uji kelayakan terbatas mendapat persentase nilai rata-rata sebesar 86,36%, sehingga video pembelajaran pembuatan minuman yogurt dinyatakan sangat layak sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: minuman yogurt, video pembelajaran, student centered learning
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 27 Dec 2019 02:38
Last Modified: 27 Dec 2019 02:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67014

Actions (login required)

View Item View Item