Efektivitas Model Air (Auditory, Intellectually, Repetition) dipadu Media Video Pada Materi Ekologi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Minat Belajar Biologi Siswa Sma Kelas X.

Ramadhan, Agung and Aminatun, Tien (2019) Efektivitas Model Air (Auditory, Intellectually, Repetition) dipadu Media Video Pada Materi Ekologi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Minat Belajar Biologi Siswa Sma Kelas X. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (885kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) keefektifan model AIR (Auditory Intellectually, Repetition) dipadu media video terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA kelas X pada materi ekologi dan (2) keefektifan model AIR (Auditory Intellectually, Repetition) dipadu media video terhadap minat belajar biologi siswa SMA kelas X pada materi ekologi. Jenis penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan Pretest-Posttest Control-Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMAN 2 Banguntapan kelas X MIA semester 2 yang terdiri dari 4 kelas dan berjumlah 108 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling sehingga sampel yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol dan X MIA 4 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari: (1) angket minat belajar biologi (2) tes yang terdiri dari pretest dan posttest. Validitas instrumen kemampuan berpikir kritis dan minat belajar biologi dalam penelitian menggunakan validitas isi dan validitas empiris dengan uji hipotesis menggunakan independent sample t-test dan uji mann whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model AIR (Auditory Intellectually, Repetition) dipadu media video efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA kelas X pada materi ekologi dengan nilai mean kelas kontrol sebesar 55,78 dan nilai mean pada kelas eksperimen sebesar 76,46 dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05. (2) model AIR (Auditory Intellectually, Repetition) dipadu media video efektif untuk meningkatkan minat belajar biologi siswa SMA kelas X pada materi ekologi dengan nilai mean kelas kontrol sebesar 70,03 dan nilai mean pada kelas eksperimen sebesar 77,46 dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model AIR (Auditory Intellectually, Repetition), media video, kemampuan berpikir kritis, minat belajar biologi.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Dec 2019 04:32
Last Modified: 23 Dec 2019 04:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66995

Actions (login required)

View Item View Item