PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE SEBAGAI MEDIA PENDUKUNG MATA PELAJARAN ANIMASI BAGI KELAS XI MULTIMEDIA DI SMK MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA

Purwanto, Eko Setyo (2019) PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE SEBAGAI MEDIA PENDUKUNG MATA PELAJARAN ANIMASI BAGI KELAS XI MULTIMEDIA DI SMK MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
16520244002 - Eko Setyo Purwanto - Tugas Akhir Skripsi.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Kegiatan pembelajaran masih terbatas oleh ruang dan waktu karena metode pembelajaran masih menggunakan metode ceramah di kelas, selain itu metode pembelajaran ini mengakibatkan kurangnya motivasi belajar siswa. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk media pendukung pembelajaran berupa e-learning berdasarkan kriteria pengembangan media untuk mata pelajaran animasi bagi kelas XI Multimedia, (2) meningkatkan motivasi belajar siswa dengan e-learning. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Research and Development dengan prosedur pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE yang dikemukakan oleh Lee dan Owens pada tahun 2004. Tahap-tahap yang dilakukan antara lain: (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation, (5) evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: (1) observasi, (2) kuesioner, dan (3) dokumentasi dengan subjek coba sebanyak 2 orang ahli media dan 2 orang ahli materi sebagai evaluator alpha testing, dan 30 orang siswa kelas XI Multimedia sebagai evaluator beta testing. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pengembangan e-learning berbasis moodle berhasil dikembangkan di SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta dan mendapat penilaian “sangat baik” dengan nilai rerata yang diperoleh 4.47 pada media, 4.46 pada materi animasi 2D, dan 4.37 pada aspek usability dari siswa. (2) motivasi belajar siswa meningkat dengan adanya e-learning yang dikembangkan karena kegiatan pembelajaran menjadi lebih interaktif dan fleksibel.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Research and Development, E-learning, Animasi, Motivasi Belajar Siswa
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 23 Dec 2019 02:40
Last Modified: 23 Dec 2019 02:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66991

Actions (login required)

View Item View Item