Keefektifan Penggunaan Strategi Curah Gagasan dan Informasi Poster dalam Pembelajaran Menulis Teks Biografi Pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 8 Kota Tasikmalaya

Febriani, Rizky and Hartono, Hartono (2019) Keefektifan Penggunaan Strategi Curah Gagasan dan Informasi Poster dalam Pembelajaran Menulis Teks Biografi Pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 8 Kota Tasikmalaya. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (954kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (845kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) perbedaan strategi curah gagasan dengan strategi konvensional; (2) perbedaan strategi informasi poster dengan strategi konvensional; (3) keefektifan strategi curah gagasan dibandingkan dengan strategi konvensional; (4) keefektifan strategi informasi poster dibandingkan dengan strategi konvensional dan (5) keefektifan strategi curah gagasan diban- dingkan dengan strategi informasi poster dalam pembelajaran menulis teks biografi pada siswa kelas X di SMA Negeri 8 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah True Experiment dengan Random Assigment Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini ber- jumlah 350 siswa kelas X MIPA SMA Negeri 8 Kota Tasikmalaya. Penentuan sampel dengan cara menggunakkan teknik Random Sampling. Berdasarkan hasil penentuan tersebut, maka kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen 1 meng- gunakan strategi share an idea, kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen 2 menggunakan strategi information poster, dan kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol menggunakan strategi konvensional. Teknik pengumpulan data berupa tes menulis teks biografi. Validitas yang digunakan adalah validitas isi yang dikon- sultasikan kepada ahli (expert judgement). Reliabilitas instrumen dianalisis dengan menggunakan formula alpha cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis varian satu jalur yang dilanjutkan dengan uji scheffe. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara strategi curah gagasan dengan strategi konvensional terbukti dari hasil uji Scheffe diperoleh mean difference sebesar -0,433 dengan taraf signifikansi P lebih besar dari > 0,05 yaitu 0,965; (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara strategi informasi poster dengan strategi konvensional terbukti dari hasil uji Scheffe diperoleh mean difference sebesar 5,533 dengan taraf sig-nifikansi P lebih kurang dari < 0,05 yaitu 0,004; (3) strategi curah gagasan tidak lebih efektif dibandingkan dengan strategi konvensional terbukti dari hasil uji scheffe diperoleh mean difference sebesar 0,433 dengan taraf signifikansi P lebih besar dari > 0,05 yaitu 0,965; (4) strategi informasi poster lebih efektif diban-dingkan dengan strategi konvensional terbukti dari hasil uji scheffe diperoleh mean difference sebesar – 5,533 dengan taraf signifikansi P lebih kurang dari < 0,05 yaitu 0,004; (5) strategi curah gagasan tidak lebih efektif dibandingkan dengan strategi informasi poster terbukti dari hasil uji scheffe (eksperimen 1 dan eksperimen 2; eksperimen 2 dan eksperimen 1). Maka urutan keefektifan strategi tersebut adalah strategi informasi poster, strategi konvensional, dan strategi curah gagasan. Selain itu, berdasarkan peningkatan nilai rata-rata yang diperoleh eksperimen 2 sebersar 6,29%, kontrol sebesar 15,94%, dan eksperimen 1 sebesar 9,79%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Strategi Curah Gagasan, Strategi Informasi Poster, Menulis Teks Biografi.
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 16 Dec 2019 01:41
Last Modified: 16 Dec 2019 01:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66896

Actions (login required)

View Item View Item