Pendekatan Stilistika dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Syair Ikan Terubuk.

Hidayat, Rian and Haryadi, Haryadi (2019) Pendekatan Stilistika dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Syair Ikan Terubuk. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur-unsur stilistika, (2) makna budaya, dan (3) nilai pendidikan yang terdapat di dalam teks syair Ikan Terubuk. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik baca catat. Subjek penelitian ini adalah syair Ikan Terubuk. Objek penelitian ini difokuskan pada unsur stilistika, makna budaya, dan nilai pendidikan karakter dalam syair Ikan Terubuk. Analisis data melalui langkah-langkah: reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh melalui validitas dan realibilitas berupa intrarater dan interrater. Hasil penelitian ini menunjukkan hal-hal sebagai berikut. Pertama, unsur- unsur stilistika ditandai dengan: a) bunyi/sajak, yaitu: (1) bunyi a-a-a-a , (2) bunyi a-b-a-b, (3) bunyi a-b-a-a, (4) bunyi a-b-b-b, dan (5) bunyi a-a-b-a; b) kata/leksikal, yaitu: (1) nomina, (2) verba, (3) pronomina, (4) adverbia, (5) adjektiva, (6) konjungsi, (7) preposisi, dan (8) numeralia; c) majas, yaitu: (1) smile, (2) metafora, dan (3) personifikasi; d) penyiasatan struktur, yaitu: (1) repetisi, (2) paralelisme, (3) anafora, (4) hiperbola, (5) litotes, (6) paradoks, dan (7) pertanyaan retoris; e) citraan, yaitu: (1) pendengaran, (2) penglihatan, (3) gerak, (4) peraba, dan (5) penciuman. Kedua, makna budaya dalam syair Ikan Terubuk ditandai dengan ditemukannya 10 data yang mencerminkan eksistensi budaya-budaya suku Melayu Riau khususnya Bengkalis melalui syair Ikan Terubuk yang hingga saat ini masih terus bertumbuh walaupun secara kontekstual syair Ikan Terubuk mengalami pergeseran fungsi karena mengaitkannya dengan kekuatan magis dalam sebuah ritual upacara di Riau. Ketiga, nilai-nilai pendidikan karakter ditandai dengan: a) nilai pendidikan karakter religius, b) nilai pendidikan karakter nasionalis, c) nilai pendidikan karakter mandiri, d) nilai pendidikan karakter gotong royong, dan e) nilai pendidikan karakter integritas. Nilai pendidikan karakter religius (agama Islam) menjadi nilai yang dominan terkandung di dalam syair Ikan Terubuk karena memiliki relevansi dengan suku Melayu Bengkalis yang sebagian besar beragama Islam yang taat.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter, stilistika, syair Ikan Terubuk
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Dec 2019 08:38
Last Modified: 12 Dec 2019 08:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66877

Actions (login required)

View Item View Item