Pengaruh Pengasuhan Ibu Bekerja dan Kualitas Daycare terhadap Kemandirian Anak Usia Dini di Kecamatan Depok, Sleman Yogyakarta.

Raniyah, Qaulan and Syamsudin, Amir (2019) Pengaruh Pengasuhan Ibu Bekerja dan Kualitas Daycare terhadap Kemandirian Anak Usia Dini di Kecamatan Depok, Sleman Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (782kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (671kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (649kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (632kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk: (1) mengetahui seberapa besar pengaruh pengasuhan ibu bekerja dan kualitas daycare terhadap kemandirian anak usia dini, (2) mengetahui seberapa besar pengasruh kualitas daycare terhadap kemandirian anak usia dini, (3) mengetahui seberapa besar pengaruh pengasuhan ibu bekerja terhadap kemandirian anak usia dini melalui kualitas daycare dan (4) mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas daycare terhadap kemandirian anak dini melalui pengasuhan ibu bekerja di kecamatan Depok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 194 ibu bekerja yang memiliki anak usia 3-4 tahun di Kecamatan Depok dengan sampel yang diambil dengan teknik random sampling menggunakan tabel Krejcie yang berumlah 139. Instrumen yang digunakan berupa angket (rating scale) dengan interval 1 sampai 4. Validitas instrumen meliputi validitas logis dan validitas empiris yang dihitung dengan Pearson product moment correlation. Reliabilitas dihitung dengan teknik Alpha Cronbach. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis jalur berbantuan program LISREL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pengasuhan ibu bekerja dan kemandirian anak usia 3-4 tahun sebesar 4,84%; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas daycare dan kemandirian anak usia 3-4 tahun sebesar 8,41%; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara tidak langsung pengasuhan ibu bekerja terhadap kemandirian anak usia 3-4 tahun melalui kualitas daycare sebesar 7,56%; dan (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara tidak langsung kualitas daycare terhadap kemandirian anak usia 3-4 tahun melalui pengasuhan ibu bekerja sebesar 11,9 %.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kemandirian anak, pengasuhan ibu bekerja, kualitas daycare
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 11 Dec 2019 03:10
Last Modified: 11 Dec 2019 03:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66862

Actions (login required)

View Item View Item