PENGEMBANGAN TRAINING KIT ARDUINO UNO R3 SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN MIKROKONTROLER PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMROGRAMAN, MIKROPROSESOR DAN MIKROKONTROLER DI SMK NEGERI 2 WONOSARI

Saputra, Eko Bayu (2019) PENGEMBANGAN TRAINING KIT ARDUINO UNO R3 SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN MIKROKONTROLER PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMROGRAMAN, MIKROPROSESOR DAN MIKROKONTROLER DI SMK NEGERI 2 WONOSARI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (826kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kegiatan pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) lebih banyak mengedepankan kegiatan praktikum dari pada teor. Untuk itu perluadanya penambahan dan pengembangan training kit. Penelitian ini bertujuan untuk (1) merealisasikan desain dari training kit Arduino Uno R3, (2) Menguji unjuk kerja training kit Arduino Uno R3, dan (3) Mendeskripsi tingkat kelayakan desain training kit Arduino Uno R3. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Pelaksanaan penelitian menggunakan acuan ADDIE Models yaitu: (1) Analysis; (2) Design; (3) Development; (4) Implementation; (5) Evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan (1) observasi untuk mengetahui desain Training kit yang di butuhkan , (2) Uji coba Produk untuk mengetahui unjuk kerja dari training kit, (3) kuesioner untuk mengetahui tingkat kelayakan training kit. Pengujian melalui tiga tahapan yaitu (1) validasi produk oleh ahli; (2) pengujian oleh guru; (3) pengujian oleh siswa kelas XI Teknik Elektronika Industri di SMKN 2 Wonosari. Teknik analisa data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yang didapatkan adalah: (1) desain training kit Arduino Uno R3 terdiri dari training kit dan jobsheet. Bagian–bagian training kit meliputi boks, rangkaian input, rangkaian output, mikrokontroler. (2) Unjuk kerja dari training kit Arduino Uno R3 bisa bekerja dengan lancar dan baik dalam proses uji coba pemakaian oleh siswa (3) Tingkat kelayakan training kit Arduino Uno R3 terdiri dari validasi isi sebesar 87,88% (sangat layak), dari validasi konstruk sebesar 87,05% (sangat layak) dan dari uji coba siswa mendapatkan hasil sebesar 81,85% (layak). Berdasarkan presentase tersebut, sarana pembelajaran training kit Arduino Uno R3 ini layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: sarana pembelajaran, Training kit, Arduino Uno R3
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 09 Dec 2019 04:40
Last Modified: 09 Dec 2019 04:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66851

Actions (login required)

View Item View Item