UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TGT MAPEL DLE KELAS X TAV SMK NEGERI 1 PUNDONG

Wiranda, Ni Wayan Sanistri (2019) UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TGT MAPEL DLE KELAS X TAV SMK NEGERI 1 PUNDONG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1 Cover.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 Abstrak.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 Bab I.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 Bab II.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 BAB III.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 BAB IV .pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 BAB V.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 Lampiran.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa kelas X T AV di SMK Negeri 1 Pundong dengan model pembelajaran tpe TGT (Teams Game Tournament). Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subyek penelitian adalah siswa kelas X TAV B yang berjumlah 36 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan 2 pertemuan setiap siklusnya. Metode yang digunakan untuk memperoleh data menggunakan metode observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran TGT (Teams Game Tournament) pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X TAV B. Peningkatan keaktifan belajar siswa pada tiap siklus dapat diketahui dari antusias siswa ketika memperhatikan penjelasan guru ketika guru menjelaskan materi, memperhatikan penjelasan teman sekelompoknya ketika kegiatan belajar tim, siswa aktif bertanya kepada guru maupun kepada teman sekelompoknya, siswa aktif berdiskusi dengan teman sekelompoknya, siswa aktif berkerja sama dengan teman sekelompoknya, siswa aktif dalam mencatat materi, siswa aktif mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, siswa aktif mendengarkan informasi yang diberikan oleh guru dan temannya, serta siswa aktif dalam mengemukakan pendapatnya. Dari perolehan data yang ada dapat dilihat bahwa indikator dengan pencapaian paling tinggi yaitu bertanya kepada guru maupun teman sekelompoknya mencapai dan Siswa aktif berdiskusi dengan teman sekelompoknya sebesar 97.22% . Sedangkan pencapaian paling rendah adalah siswa aktif menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru sebesat 75%. Peningkatan keaktifan belajar siswa sangat berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Persentasi hasil belajar pada siklus I sebesar 66.67% meningkat menjadi 94.44% pada siklus II. Hasil belajar siswa didapatkan dari penilaian post test di akhir setiap siklus.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: TGT, keaktifan belajar siswa, hasil belajar siswa, DLE
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 04 Dec 2019 08:14
Last Modified: 04 Dec 2019 08:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66840

Actions (login required)

View Item View Item