Evaluasi Keterlaksanaan Standar Proses Pendidikan Pada SMP Negeri di Kecamatan Depok Tahun Pelajaran 2016/2017

Indrianti, Indrianti and Prasojo, Lantip Diat (2019) Evaluasi Keterlaksanaan Standar Proses Pendidikan Pada SMP Negeri di Kecamatan Depok Tahun Pelajaran 2016/2017. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi keterlaksanaan standar proses pendidikan yang mencakup perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian pembelajaran, dan pengawasan pembelajaran di SMPN Kecamatan Depok. Jenis penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan kualitatif. Model evaluasi yang digunakan adalah Discrepancy models yang dikembangkan oleh Provus. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif yang dikembangkan oleh Miles, Huberman & Saldana (2014: 14) yang mencakup data collection, data condensation, data display, dan conclusions. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan pembelajaran seperti silabus dan RPP dilakukan guru secara bersama melalui kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran, (2) Pembelajaran yang dilaksanakan guru belum secara optimal dilaksanakan, masih terdapat guru yang jarang menggunakan media, model, metode pembelajaran, (3) Penilaian pembelajaran secara keseluruhan sudah dilaksanakan dengan baik, namun sebagian besar guru tidak melakukan pengayaan, (4) Pengawasan pembelajaran yang mencakup pemantauan, supervisi, pelaporan,dan tindak lanjut secara keseluruhan sudah dilaksanakan oleh kepala sekolah dengan baik, namun kepala sekolah belum melaksanakan pemantauan secara optimal terhadap perencanaan pembelajaran. Kata kunci: keterlaksanaan standar proses, pendidikan

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 29 Nov 2019 03:49
Last Modified: 31 May 2021 07:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66810

Actions (login required)

View Item View Item