Pengembangan Perangkat Pembelajaran Lompat Jauh Gaya Menggantung di SMK dengan Pendekatan Problem-Based Learning.

Listiono, Bernaditya and Winarni, Sri (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Lompat Jauh Gaya Menggantung di SMK dengan Pendekatan Problem-Based Learning. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (810kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Peningkatan kualitas pembelajaran Penjasorkes dapat dilakukan dengan dikembangkannya perangkat pembelajaran dengan pendekatan problem-based learning. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) kevalidan, 2) kepraktisan, dan 3) keefektifan perangkat pembelajaran lompat jauh gaya menggantung di SMK dengan pendekatan problem-based learning ditinjau dari pencapaian kompetensi dasar (hasil belajar) dan sikap terhadap pembelajaran penjasorkes. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan model 4D yang terdiri dari 1) tahap pendefinisian, 2) tahap perancangan, 3) tahap pengembangan, dan 4) tahap diseminasi. Uji coba produk dilaksanakan di SMK N 1 Cangkringan kelas X APHP 1 dan X APL 1. Data kevalidan diperoleh dari hasil lembar validasi ahli. Data kepraktisan diperoleh dari hasil uji keterbacaan, angket kepraktisan guru, angket kepraktisan peserta didik, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Data keefektifan diperoleh dari tes hasil belajar dan angket sikap peserta didik terhadap pembelajaran lompat jauh gaya menggantung menggunakan perangkat yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) perangkat pembelajaran lompat jauh gaya menggatung dengan pendekatan problem-based learning yang berupa silapus, RPP, LKS, dan instrumen evaluasi masing-masing memenuhi kategori sangat valid. 2) Perangkat pembelajaran tersebut juga memenuhi kategori sangat praktis. 3) Tingkat kelulusan hasil tes pencapaian KD mencapai lebih dari 75%, yaitu 100% di kelas X APHP 1 dan 80,65% di kelas X APL 1. Sikap peserta didik terhadap pembelajaran penjasorkes yang mempunyai kategori minimal tinggi lebih dari 80%, yaitu 100% untuk kelas X APHP 1 dan 90,32% untuk kelas X APL 1. Dengan demikian, perangkat dikatakan efektif ditinjau dari pencapaian KD dan sikap terhadap pembelajaran penjasorkes.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan perangkat, pembelajaran lompat jauh gaya menggantung, pendekatan problem-based learning
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Nov 2019 06:16
Last Modified: 27 Nov 2019 06:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66792

Actions (login required)

View Item View Item