Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Edutainment Berbasis Guided Inquiry Berorientasi Pemahaman Konsep dan Minat Belajar Siswa pada Materi Peluang Kelas VIII SMP

Bahauddin, Ahmad and Setyaningrum, Wahyu (2019) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Edutainment Berbasis Guided Inquiry Berorientasi Pemahaman Konsep dan Minat Belajar Siswa pada Materi Peluang Kelas VIII SMP. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (761kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (988kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (40MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran matematika edutainment yang bernama “Proadventure”. Materi di dalam produk dikembangkan dengan pendekatan Guided Inquiry yang dapat memberikan pemahaman konsep dan meningkat kan minat belajar siswa pada materi peluang kelas VIII SMP. Produk yang dihasilkan dapat diunduh dari Google Playstore dan dapat dijalankan pada Smartphone Android. Proses pengembangan produk mengadopsi model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu: (1) tahap analyze yang mencakup; memilih materi, menentukan tujuan pembelajaran, memeriksa landasan pengembangan, mengonfirmasi calon pengguna, menentukan metode penyampaian, mengidentifikasi sumber daya, dan menyusun rencana proyek, (2) tahap design yang mencakup; membuat flowchart, membuat storyboard, membuat dan mengumpulkan konten, menggabungkan konten, dan memilih strategi pengujian serta penyusunan instrumen tes, (3) tahap develop yang mencakup; membangun produk, mengembangkan panduan penggunaan, melakukan validasi ahli, dan melakukan revisi formatif, (4) tahap implement yang mencakup; mempersiapkan guru dan siswa, serta penggunaan produk, (5) tahap evaluate, yang merupakan kajian akhir produk hasil pengembangan. Produk telah diimplementasikan kepada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Semparuk di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data dalam penelitian ini terdiri dari: lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket minat belajar siswa, dan instrumen tes pemahaman konsep materi peluang. Kualitas produk yang dikembangkan dikaji melalui 3 aspek yaitu: kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk “Proadventure” valid dengan rerata skor validasi materi 4.91 dengan skor maksimal 5 dan rerata skor validasi media 4.80 dengan skor maksimal 5. Produk juga dinilai praktis dengan rerata persentase keterlaksanaan pembelajaran 95%. Produk juga dinilai efektif ditinjau dari pemahaman konsep dan minat belajar siswa. Siswa yang memiliki skor di atas batas ketuntasan minimal sebanyak 88%. Kemudian rata-rata minat belajar siswa meningkat dari 79,96 dalam kategori rendah hingga 89,96 dalam kategori sedang. Kata kunci : Media Pembelajaran, Edutainment, Pendekatan Guided Inquiry, Pemahaman Konsep, Minat Belajar Siswa

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Nov 2019 04:14
Last Modified: 27 Nov 2019 04:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66791

Actions (login required)

View Item View Item