Identifikasi Kesulitan Siswa dalam Mengerjakan Soal Geometri SMP Negeri di Kabupaten Ciamis

Amelia, Amelia and Wijaya, Aryadi (2019) Identifikasi Kesulitan Siswa dalam Mengerjakan Soal Geometri SMP Negeri di Kabupaten Ciamis. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (604kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan siswa dalam mengerjakan soal geometri SMP Negeri di Kabupaten Ciamis. Penelitian ini termasuk penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 404 siswa SMP Negeri di Kabupaten Ciamis yang berasal dari 13 sekolah dengan kategori tinggi, sedang dan rendah. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan stratified proportional random sampling technique. Instrumen yang digunakan berupa tes diagnostik yang terdiri dari 30 butir soal pilihan ganda, pedoman wawancara dan lembar observasi proses pembelajaran yang terdiri dari 17 item. Wawancara dilakukan kepada 13 siswa yang memperoleh skor tes diagnostik di bawah 65 untuk memperjelas jenis dan faktor kesulitan siswa dalam mengerjakan soal geometri. Jenis kesulitan dalam penelitian ini adalah kesulitan faktual, kesulitan konseptual dan kesulitan prosedural. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) jenis kesulitan siswa dalam mengerjakan soal geometri SMP Negeri di Kabupaten Ciamis yaitu kesulitan faktual 12,74%; kesulitan konseptual 17,75%; dan kesulitan prosedural 17,80%. (2) Faktor-faktor penyebab kesulitan siswa di Kabupaten Ciamis, yaitu siswa tidak memahami informasi pada soal, lupa rumus dan cara menyelesaikan soal, tidak mampu menyelesaikan operasi aljabar matematika; siswa kurang teliti, terburu-buru, cepat menyerah, kesiapan siswa dalam belajar yang masih kurang, siswa kurang terlibat aktif dalam pembelajaran, guru kurang memberikan informasi tentang fakta, konsep dan prosedur untuk menyelesaikan soal dan metode pembelajaran yang kurang mendukung keefektifan proses pembelajaran. Kata Kunci: Identifikasi kesulitan siswa, soal geometri

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pasca Sarjana
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Nov 2019 03:32
Last Modified: 27 Nov 2019 03:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66788

Actions (login required)

View Item View Item