Pengaruh Kecerdasan Logis-Matematis, Kecerdasan Visual-Spasial, dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA kelas XI di Kabupaten Gowa

Hertanti, Alfiramita and Wutsqa, Dhoriva Urwatul (2019) Pengaruh Kecerdasan Logis-Matematis, Kecerdasan Visual-Spasial, dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA kelas XI di Kabupaten Gowa. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (969kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (565kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (911kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui (1) mendeskripsikan kecerdasan logis-matematis, kecerdasan visual-spasial, motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masakah, (2) pengaruh kecerdasan logis-matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah, (3) pengaruh kecerdasan visual-spasial terhadap kemampuan pemecahan masalah, (4) pengaruh kecerdasan visual-spasial terhadap kemampuan pemecahan masalah, dan (5) pengaruh kecerdasan logis-matematis, kecerdasan visual-spasial, dan motivasi belajar secara simultan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini adalah penelitian survei dengan pendekatan kuantitaif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri di Kabupaten Gowa dan sampel penelitian ini sebanyak 353 siswa. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional stratified random sampling. Instrumen tes yang digunakan berupa tes kecerdasan logis-matematis, tes kecerdasan visualspasial, tes kemampuan pemecahan masalah dan angket motivasi belajar. Instrumen yang digunakan telah dibuktikan validasi konten dan konstruk serta diestimasi reliabilitasnya. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda untuk mengetahui pengaruh kecerdasan logis-matematis, kecerdasan visualspasial, dan motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kecerdasan logis-matematis berada pada kategori sedang, kecerdasan visual-spasial berada pada kategori sedang, motivasi belajar berada pada kategori tinggi, dan kemampuan pemecahan masalah matematika berada pada kategori rendah, (2) terdapat pengaruh positif kecerdasan logis-matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah, (3) terdapat pengaruh positif kecerdasan visual-spasial terhadap kemampuan pemecahan masalah, (4) terdapat pengaruh positif motivasi belajar dengan kemampuan pemecahan masalah matematika, (5) terdapat pengaruh positif kecerdasan logis-matematis, kecerdasan visual-spasial, dan motivasi belajar secara simultan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ditunjukkan oleh koefisien regresi R = 0,334. Dengan koefisien determinasi R =0,111 berarti pengaruh kecerdasan logis-matematis, kecerdasan visual-spasial, dan motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa hanya sebesar 11,1%. Ini menunjukkan masih ada faktor-faktor lain yang menyumbang kemampuan pemecahan masalah sebesar 88,9%. Kata Kunci: kecerdasan logis-matematis, kecerdasan visual-spasial, motivasi belajar, kemampuan pemecahan masalah

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Nov 2019 02:22
Last Modified: 27 Nov 2019 02:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66786

Actions (login required)

View Item View Item