Keefektifan Pendekatan Saintifik dengan Konteks Islami ditinjau dari Literasi Matematis dan Kecerdasan Emosional Siswa

Sari, Rospala Hanisah Yukti and Wutsqa, Dhoriva Urwatul (2019) Keefektifan Pendekatan Saintifik dengan Konteks Islami ditinjau dari Literasi Matematis dan Kecerdasan Emosional Siswa. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (807kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (808kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (864kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mendeskripisikan (1) keefektifan pendekatan saintifik dengan konteks Islami ditinjau dari literasi matematika siswa (2) keefektifan pendekatan saintifik dengan konteks Islami ditinjau dari kecerdasan emosional siswa. (3) keefektifan antara pendekatan saintifik dengan konteks Islami dan pendekatan saintifik ditinjau dari kemampuan literasi matematika dan kecerdasan emosional siswa kelas VII pada materi aljabar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan populasi seluruh siswa kelas VII MTs Binaul Ummah Bantul. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII yang dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok nomor absen genap (kelas eksperimen) dan kelompok nomor absen ganjil (kelas kontrol) dengan banyaknya siswa berturut-turut 18 siswa dan 17 siswa.. Data dikumpulkan dengan tes (pre-test dan post-test) serta nontes (angket awal dan angket akhir). Untuk mendeskripsikan keefektifan perlakuan pada kedua kelas, data kemampuan literasi matematika dan kecerdasan emosional siswa pada masing-masing kelas dianalisis dengan uji t pada taraf signifikansi 5%. Perbedaan keadaan siswa sebelum perlakuan dan perbedaan keefektifan diukur menggunakan MANOVA (Hotelling T 2 ). Selanjutnya untuk membandingkan keunggulan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol digunakan uji t dua sampel independen dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan pendekatan saintifik dengan konteks Islami dalam pembelajaran matematika materi bentuk aljabar secara uji statistik belum efektif, namun mengalami peningkatan rata-rata setelah perlakuan ditinjau dari kemampuan literasi matematika dan kecerdasan emosional siswa kelas VII MTs. Pendekatan saintifik dalam pembelajaran matematika materi bentuk aljabar secara uji statistik belum efektif, namun mengalami peningkatan rata-rata setelah perlakuan ditinjau dari kemampuan literasi matematika dan kecerdasan emosional siswa kelas VII MTs. Pendekatan saintifik dengan konteks Islami tidak lebih efektif dibandingkan dengan pendekatan saintifik ditinjau dari kemampuan literasi matematika dan kecerdasan emosional siswa kelas VII MTs dalam pembelajaran matematika materi bentuk aljabar. Kata Kunci: pendekatan saintifik, konteks Islami, kemampuan literasi matematika, kecerdasan emosional

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 26 Nov 2019 08:29
Last Modified: 26 Nov 2019 08:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66783

Actions (login required)

View Item View Item