Pengembangan Model Aktivitas Ritmik untuk Critical Thinking Skills dan Kreativitas Siswa SMP.

Anjanika, Yonifia and Tomoliyus, Tomoliyus (2019) Pengembangan Model Aktivitas Ritmik untuk Critical Thinking Skills dan Kreativitas Siswa SMP. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (581kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model aktivitas ritmik yang dapat digunakan oleh guru PJOK untuk meningkatkan keterampilan critical thinking dan kreativitas siswa SMP. Aktivitas ritmik yang dikembangkan merupakan gabungan music dengan gerakan dan musik tanpa gerakan. Model yang dikembangkan diberi nama sesuai dengan tujuan pengembangan yaitu Senam Siswa Kreatif (SENSITIF). Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan langkah- langkah sebagai berikut: (1) Studi Pendahuluan (Analisis Kebutuhan), (2) Perencanaan pengembangan Produk Awal, (3) Validasi ahli dan revisi produk, (4) Uji Coba Lapangan, (5) Uji Efektifitas, (6) Diseminasi. Studi pendahuluan menggunakan metode wawancara tidak terstruktur. dan uji efektivitas menggunakan metode eksperimen Time Series Design. Penelitian ini dilakukan pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Penelitian ini diikuti oleh 6 guru PJOK dari 4 sekolah yang berbeda pada uji coba skala kecil, uji coba skala besar dan uji efektifitas. Penelitian ini dilakukan pada bulan April-Juli 2019. Data dianalisis menggunakan olah data Mann-Whitney Test Wilcoxon dengan bantuan komputer program SPSS seri 24.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa telah diketemukan langkah-langkah model pembelajaran aktivitas ritmik pada pembelajaran Penjas, yaitu berupa Senam Siswa Kreatif (SENSITIF) untuk meningkatkan critical thinking skills dan kreativitas siswa SMP. Model aktivitas ritmik SENSITIF terbukti efektif untuk peningkatan keterampilan critical thinking skills dan kreativitas siswa, berdasarkan hasil uji efektivitas tes 1, tes 2, dan tes 3 dengan hasil masing-masing nilai Asymp.Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, disimpulkan bahwa terdapat peningkatan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Ritmik, Critical Thinking Skills, Kreativitas.
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 26 Nov 2019 07:45
Last Modified: 26 Nov 2019 07:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66780

Actions (login required)

View Item View Item