Penerapan Pembelajaran Kimia Berbasis Etnosains terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Peserta Didik di Madrasah Aliyah

Sawitri, Deri Trania and Arty, Indyah Sulistyo (2019) Penerapan Pembelajaran Kimia Berbasis Etnosains terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Peserta Didik di Madrasah Aliyah. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (653kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan (1) perbedaan keterampilan berpikir kritis dan sikap ilmiah; (2) perbedaan keterampilan berpikir kritis; (3) perbedaan sikap ilmiah; (4) perbedaan profil sikap ilmiah antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran kimia berbasis etnosains dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran kontekstual pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Penelitian ini merupakan penelitian quasi-experiment dengan desain post test only. Sampel penelitian ini adalah 65 peserta didik kelas X MIA MAN 2 Kota Jambi yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kontrol. Kelas eksperimen belajar menggunakan pembelajaran kimia berbasis etnosains sedangkan kelas kontrol belajar menggunakan pembelajaran kontekstual. Sampel dipilih dengan teknik simple random sampling. Data keterampilan berpikir kritis dikumpulkan menggunakan soal tes uraian dan sikap ilmiah menggunakan lembar observasi. Data penelitian dianalisis menggunakan uji MANOVA untuk mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kritis dan sikap ilmiah, sedangkan profil sikap ilmiah dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada (1) keterampilan berpikir kritis dan sikap ilmiah; (2) keterampilan berpikir kritis; (3) sikap ilmiah antara kelas eksperimen dan kontrol; (4) profil sikap ilmiah kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas control. Kata Kunci: etnosains, keterampilan berpikir kritis, pembelajaran kimia, sikap ilmiah

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Nov 2019 04:03
Last Modified: 25 Nov 2019 04:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66759

Actions (login required)

View Item View Item