Bakar, IKa Setiawati A. and Sugiyarto, Sugiyarto (2019) Pengembangan Visualisasi Tiga Dimensi Virtual Reality (3D-VR) terhadap Sikap Ilmiah dan Prestasi Belajar Kognitif Peserta Didik SMA. S2 thesis, Program Pascasarjana.
|
Text
Cover.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (516kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (589kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (777kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (303kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) karakteristik media visualisasi 3DVR pada materi kesetimbangan kimia untuk peserta didik kelas XI SMA, (2) kualitas media visualisasi 3D-VR pada materi kesetimbangan kimia dari penilaian dosen ahli, pendidik kimia dan peserta didik, dan (3) perbedaan sikap ilmiah dan prestasi belajar kognitif peserta didik SMA yang dengan media visualisasi 3D-VR. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan media visualisasi 3D-VR dengan desain pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari 10 tahapan, yaitu (1) pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) penilaian ahli, (5) revisi produk, (6) uji awal, (7) revisi produk, (8) uji pelaksanaan lapangan, (9) penyempurnaan produk akhir, dan (10) desiminasi. Penilaian produk dilakukan oleh ahli media, ahli materi dan pendidik kimia. Uji coba produk dilakukan kepada peserta didik dengan rincian 15 peserta didik untuk uji coba awal dan 31 peserta didik untuk uji pelaksanaan lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket penilaian media, angket sikap ilmiah, dan soal tes prestasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Media visualisasi 3D-VR pada materi kesetimbangan kimia, menyajikan simulasi praktikum secara virtual, menarik dan interaktif, (2) Media visualisasi 3D-VR pada materi kesetimbangan kimia untuk peserta didik termasuk dalam kategori baik ditinjau dari penilaian aspek materi dan aspek media yang dilakukan oleh ahli, pendidik kimia dan hasil uji coba kepada peserta didik, (3) terdapat perbedaan sikap ilmiah dan prestasi belajar kognitif peserta didik yang menggunakan media visualisasi 3D-VR dan yang tidak menggunakan media visualisasi 3D-VR. Kata Kunci: Visualisasi 3D, Virtual Reality, Sikap Ilmiah, Prestasi Belajar Kognitif, Kesetimbangan Kimia
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia Pasca Sarjana |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 25 Nov 2019 02:38 |
Last Modified: | 25 Nov 2019 02:38 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66755 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |