Penerapan Inkuiri Terbimbing pada Materi Larutan Penyangga terhadap Pencapaian Kemampuan Berpikir Terintegrasi, Aktivitas dan Keterampilan Komunikasi Siswa SMA

Lungan, Lidwina Anastasia and Widjajanti, Endang (2019) Penerapan Inkuiri Terbimbing pada Materi Larutan Penyangga terhadap Pencapaian Kemampuan Berpikir Terintegrasi, Aktivitas dan Keterampilan Komunikasi Siswa SMA. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (743kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (624kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (645kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (921kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (400kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan kemampuan berpikir terintegrasi, aktivitas dan keterampilan komunikasi peserta didik, (2) mengetahui sumbangan model inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir terintegrasi, aktivitas dan keterampilan komunikasi peserta didik serta (3) membandingkan profil aktivitas dan keterampilan komunikasi peserta didik pada pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing dan pembelajaran dengan model 5M. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain posttest only. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran 5M. Sejumlah 48 peserta didik kelas XI ditentukan sebagai sampel penelitian menggunakan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan terintegrasi adalah soal tes materi larutan penyangga, sedangkan data aktivitas dan keterampilan komunikasi dikumpulkan melalui angket dan lembar observasi. Teknik analisis Manova digunakan untuk menganalisis perbedaan kemampuan terintegrasi, aktivitas dan keterampilan komunikasi peserta didik, sedangkan analisis deskriptif kuantitatif digunakan untuk menganalisis profil aktivitas dan keterampilan komunikasi peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan yang signifikan dari kemampuan berpikir terintegrasi, aktivitas, dan keterampilan komunikasi, (2) terdapat sumbangan model inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir terintegrasi , aktivitas dan keterampilan komunikasi dan (3) profil aktivitas dan keterampilan komunikasi peserta didik pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan peserta didik kelas kontrol. Dengan demikian perlu adanya penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing pada pembelajaran kimia untuk meningkatkan kemampuan berpikir terintegrasi, aktivitas dan keterampilan komunikasi peserta didik. Kata kunci: inkuiri terbimbing, 5M, kemampuan terintegrasi, aktivitas, keterampilan komunikasi peserta didik

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Nov 2019 02:17
Last Modified: 25 Nov 2019 02:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66754

Actions (login required)

View Item View Item