Pengaruh Model Learning Cycle 5E (Engagement, Exploration, Explaination, Elaboration, Dan Evaluation) Terhadap Kemampuan Terintegrasi, Sikap Kreatif Dan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik Pada Materi Laju Reaksi

Firdausi, Luthfie and Widjajanti, Endang (2019) Pengaruh Model Learning Cycle 5E (Engagement, Exploration, Explaination, Elaboration, Dan Evaluation) Terhadap Kemampuan Terintegrasi, Sikap Kreatif Dan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik Pada Materi Laju Reaksi. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menguji ada atau tidak adanya perbedaan secara signifikan antara kemampuan terintegrasi, sikap kreatif dan keterampilan komunikasi peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model Learning Cycle 5E dan model 5M pada materi laju reaksi (2) Menguji ada atau tidak adanya sumbangan positif model Learning Cycle 5E terhadap kemampuan terintegrasi, sikap kreatif dan keterampilan komunikasi peserta didik (3) Menguji ada atau tidak adanya perbedaan secara signifikan antara kemampuan terintegrasi awal dan akhir, sikap kreatif awal dan akhir, dan keterampilan komunikasi awal dan akhir peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model Learning Cycle 5E pada materi laju reaksi (4) Menguji ada atau tidak adanya perbedaan secara signifikan antara kemampuan terintegrasi awal dan akhir, sikap kreatif awal dan akhir, dan keterampilan komunikasi awal dan akhir peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model 5M pada materi laju reaksi Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Prambanan. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan desain penelitian non-equivalen control group design. Sampel dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Prambanan Yogyakarta yang dipilih secara purposive sampling. Jumlah sampel peserta pada kelas eksperimen sebanyak 26 sedangkan sampel pada kelas kontro sebanyak 29 siswa. Instrumen yang digunakan pada kemampuan terintegrasi berupa tes uraian, sedangkan pada sikap kreatif dan keterampilan komunikasi berupa lembar angket dan lembar observasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan one way MANOVA. Hasil penelitian menyatakan bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara model 5E dan model 5M terhadap kemampuan terintegrasi, sikap kreatif dan keterampilan komunikasi peserta didik pada materi laju reaksi (2) Terdapat sumbangan positif antara model learning cycle 5E terhadap kemampuan terintegrasi sebesar 44,4 %, terdapat sumbangan positif antara model learning cycle 5E terhadap sikap kreatif sebesar 66,6 %, terdapat sumbangan positif antara model learning cycle 5E terhadap keterampilan komunikasi sebesar 71,4 %. (3) terdapat perbedaan yang signifikan dari kemampuan terintegrasi, sikap kreatif, dan keterampilan komunikasi awal dan akhir peserta didik pada pembelajaran yang menerapkan model learning cycle 5E (4) terdapat perbedaan yang signifikan dari kemampuan terintegrasi awal dan akhir setelah pembelajaran model 5M; tidak terdapat perbedaan yang signifikan dari sikap kreatif, dan keterampilan komunikasi awal dan akhir peserta didik pada pembelajaran yang menerapkan model 5M Kata Kunci: Model learning cycle 5E, Model 5M, Kemampuan terintegrasi, Sikap Kreatif, Keterampilan Komunikasi.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Nov 2019 08:24
Last Modified: 21 Nov 2019 08:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66745

Actions (login required)

View Item View Item