Pengembangan Media Visualisasi Tiga Dimensi 3D dengan Virtual Reality (3D-VR) Materi Laju Reaksi Terhadap Kemampuan Keterampilan Proses Sains dan Berpikir Kritis Pesrta Didik SMA

Suleman, Mirnawati and Sugijarto, K.H. (2019) Pengembangan Media Visualisasi Tiga Dimensi 3D dengan Virtual Reality (3D-VR) Materi Laju Reaksi Terhadap Kemampuan Keterampilan Proses Sains dan Berpikir Kritis Pesrta Didik SMA. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (618kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (876kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media visualisasi 3D-VR pada materi laju reaksi untuk peserta didik SMA, (2) menguji kelayakan media visualisasi 3D-VR yang dikembangkan , dan (3) menguji perbedaan keterampilan proses sains dan berpikir kritis peserta didik kelas XI SMA yang menggunakan dan yang tidak menggunakan media yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan, yang mengadaptasi model Borg & Gall yang dimodifikasi menjadi tujuh bagian yaitu pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba awal, revisi produk awal, uji pelaksanaan lapangan, penyempurnaan produk akhir. Penilaian media dilakukan oleh satu ahli media, satu ahli materi, enam guru kimia, dan di uji cobakan pada peserta didik. Sampel yang digunakan pada uji pelaksanaan lapangan adalah dua kelas, satu kelas digunakan sebagai kelas eksperimen dengan penerapan media visualisasi 3D-VR , sedangkan kelas lainnya sebagai kelas kontrol yang tidak mengunakan media visualisassi 3D-VR. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, dan soal berpikir kritis yang telah divalidasi. Analisis data yang digunakan adalah MANOVA, untuk menguji perbedaan kemampuan keterampilan proses sains dan berpikir kritis peserta didik. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Media visualisasi 3D-VR merupakan media yang dapat dioperasikan dalam perangkat berbasis Androi d, dan dapat dilakukan kapanpun yang dilakukan secara virtual; (2) Media visualisasi 3D-VR dikatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan kategori sangat baik; (3) Ada perbedaan kemampuan keterampilan proses sains dan berpikir kritis antara peserta didik yang menggunakan dan yang tidak menggunakan media visualisasi 3DVR. Kata kunci: Media Virtual Reality, Keterampilan Proses Sains, Berpikir Kritis, Laju Reaksi

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Nov 2019 07:59
Last Modified: 21 Nov 2019 07:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66744

Actions (login required)

View Item View Item